Cara membuat makalah tersusun rapih di word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara membuat makalah tersusun rapih di word". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial89 | Microsoft word adalah salah satu software yang paling banyak digunakan dalam perkantoran, hampir semua orang yang menggunakan windows pasti bisa menggunakan Microsoft word ini. tapi hanya sedikit yang mengetahui cara membuat makalah bisa tertata rapih dengan otomatis.

Kebanyakan orang lebih seneng mengatur tulisan di word dengan cara manual, bahkan untuk pengaturan-pengaturan yang selalu berulang-ulang. Contohnya penulisan judul pada sebuah bab. Padahal hal-hal seperti itu bisa dilakukan dengan secara otomatis. Artinya hanya sekali pengaturan semuanya akan mengikuti pola yang sudah di atur sebelumnya.

Hal ini sangat besar sekali manfaatnya. Selain kerja lebih cepat. Pengaturan pada setiap judul akan sama dan seragam, begitu juga pengaturan-pengaturan yang lainnya. Selain itu banyak sekali kegunaan lainnya yang bisa sobat dapatkan ketika menggunakan trik membuat makalah tersusun rapih ini. Dan inilah step by step membuat makalah tersusun rapih di word 
Cara membuat makalah tersusun rapih di word
Sumber gambar : http://www.mpull.com/

Setting page layout makalah di word

Sebelum sobat memulai mengetik, biasakan mengatur terlebih dahulu page layout document. Hal ini sangat pengting mengingat makalah yang akan sobat buat hasilnya akan di print out.

Pengaturan page layout ini meliputi, pemilihan kertas yang akan digunakan untuk di printout, posisi kertas, jarak margin dan lain sebagainya. Adapun caranya sobat tinggal pilih menu page layout kemudain silahkan atur sesuai kebutuhan.

Cara membuat makalah tersusun rapih di word
Keterangan;
Margins digunakan untuk mengatur jarak dari ujung kertas ke area teks atau tulisan. Jika sobat menginginkan ukuran dengan pengaturan sendiri, sobat bisa memilih costume margin, kemudian silahkan isi dengan jarak yang sobat inginkan. Top jarak dari atas, left jarak dari kiri, bottom jarak dari bawah dan right jarak dari kanan
Orientation digunakan untuk mengatur posisi kertas. Sobat bisa memilih landscape (mendatar) atau portr­ait (berdiri), untuk sebuah makalah biasanya menggunakan posisi berdiri.
Size digunakan untuk memilih ukuran kertas yang akan sobat gunakan untuk membuat makalah. Biasanya menggunakan ukuran kertas A4
Columns digunakan untuk membuat kolom. Jika sobat hanya ingin membuat kolom pada beberapa bab saja, silahkan blok terlebih dahulu paragraph yang akan diberi kolom, sehingga pada paragraph lainnya tidak berpengaruh. Di sini sobat bisa membuat 2 kolom atau lebih.
Breaks ini bisa sobat manfaatkan untuk membuat nomor halaman berbeda, seperti membuat nomor halaman romawi pada bab pendahuluan makalah dan nomor biasa pada bab isi makalah. Tutorialnya sudah saya share di Cara membuat nomor halaman berbeda di word, dan pengaturan lainnya.
Hyphenation digunakan untuk memutus kata yang tidak muat pada baris pertama, sehingga kata tersebut akan terputus dan kebaris berikutnya.

Setting style di word

Cara yang kedua yang harus sobat lakukan untuk membuat makalah rapih adalah setting styles. Ini dilakukan untuk membuat style pada document makalah, jadi seluruh isi makalah menggunakan satu style yang sudah kita buat sebelumnya. Caranya adalah sebagai berikut;

1. Pilih menu Home > klik kanan Style Normal > kemudian pilih modify… pengaturan ini adalah untuk mengatur style normal pada document word sobat.
Cara membuat makalah tersusun rapih di word

2. Setelah pengaturan modify style muncul, klik format kemudian atur format font dan paragraph.
Cara membuat makalah tersusun rapih di word

3. Setelah pengaturan style normal selesai, sekarang lakukan pula pada style heading 1 (pengaturan bab), heading 2 (pengaturan sub bab). Bedanya untuk pengaturan style heading 1 dan heading du ini, sobat cukup dengan mengklik automatically update. Hal ini bertujuan untuk membuat update otomatis, ketika kita melakukan pengaturan pada judul dan sub judul, sehingga seluruh style heading akan sama.
Cara membuat makalah tersusun rapih di word

Membuat makalah di word

Setelah setting style selesai sobat buat, saatnya sobat mulai mengetik makalah yang sobat inginkan. Biasanya makalah itu terdiri dari;

1. Cover makalah : Baca Cara cepat membuat cover makalah 
2. Judul makalah
4. Pendahuluan
5. Isi
6. Penutup
7. Daftar pustaka
8. indeks (jika diperlukan)

Secara default ketikan pada Microsoft word akan menggunakan style normal. Yang pengaturannya sudah sobat lakukan diatas.

Jika sobat mau membuat judul, silahkan tulis judul yang sobat inginkan, kemudian pilih style heading 1, begitu juga untuk sub judul, sobat pilih heading 2.

O ya… bagi sobat muslim yang akan memasukan tulisan arab di makalahnya atau menambahkan ayat-ayat alquran, bisa sobat baca, tutorialnya di Cara mengetik tulisan arab di wordJika sobat mau menambahkan footnote (catatan kakai), tutorialnya bisa dibaca di Cara menambahkan footnote di word.

Contoh makalah yang di buat dengan trik ini bisa sobat lihat di makalah membedah shirathal mustaqiem 1-3

Membuat nomor halaman otomatis di makalah

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam membuat makalah yang bagus adalah nomor halaman. Dengan nomor halaman ini kita bisa tahu, sedang berada dihalaman berapa. Membuat nomor halaman di makalah ini kita akan menggunakan cara otomatis. Artinya sobat tidak perlu melakukannya dengan cara manual mengetikan satu persatu disetiap halaman. Karena jika dilakukan dengan cara manual, selain menyita banyak waktu, tentu akan merepotkan sobat. jadi sebaiknya gunakanlah trik membuat nomor halaman secara otomatis. Tutorialnya bisa sobat baca di cara membuat nomor halaman otomatis di word

Menambahkan indeks makalah

Indeks adalah kata atau istilah penting yang terdapat dalam makalah sobat. biasanya disimpan pada akhir buku. Tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Pada umumnya indeks ini terdapat pada buku cetak. Tapi jika sobat mau menmbahkan pada makalah yang sobat buat, tidaklah mengapa. Untuk mempermudah mencari kata atau istilah yang akan sobat jadikan indeks, silahkan baca tutorial cara mudah menemukan kata di word

Menambahkan bingkai pada makalah

 Menambahkan bingkai pada makalah bukanlah sesuatu yang wajib. Hanya saja untuk memperindah makalah yang akan sobat buat, sobat bisa menambahkan bingkai pada makalah sobat. akan tetapi bingkai yang sobat pilih harus disesuaikan dengan isi materi makalah yang akan sobat buat, sehingga mendapatkan nilai plus. Jika sobat tertarik untuk menambahkan bingkai pada makalah sobat, sobat bisa membacanya di cara menambahkan bingiak di word

Menambahkan watermark pada makalah

Watermark adalah sebuah tanda, bisa berupa gambar atau tulisan yang dibuat samar. Biasanya untuk melindungi dari penjiplakan. Atau dalam bahasa Indonesia sering disebut tanda air.

Jika sobat ingin menambahkan watermark pada makalah sobat, hal itu tidak masalah, hanya saja, jangan sampai watermark itu menggangu isi makalah yang akan sobat buat. Untuk tutorialnya bisa sobat baca di Cara membuat watermark di word

Printout makalah

Jika seluruh pengaturan sudah dirasa cukup, saatnya kita print makalah yang telah sobat buat. Silahkan print seperti biasanya. Akan tetapi jika sobat ingin mencetak makalah sobat bolak balik untuk menghemat kertas, bisa gunakan trik ini Cara mencetak document word bolak balik

Cara merubah document word ke pdf

Sekarang jika semuanya sudah selesai, mungkin sobat mau menyimpanya dalam bentuk pdf. Supaya makalah yang sobat buat tidak berantakan lagi.

Jika sobat menggunakan Microsoft office 2013, caranya bisa sobat baca di Cara menyimpan file word menjadi pdf. Tetapi jika sobat masih menggunakan Microsoft office versi sebelumnya, bisa baca tutorialnya di Cara merubah file word ke pdf.

Nah, itulah trik-trik yang biasa saya gunakan untuk membuat makalah tersusun rapi di word. Mohon maaf bila tutorialnya kepanjangan. Semoga bermanfaat.