Cara mengetik huruf arab pada Microsoft word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara mengetik huruf arab pada Microsoft word". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Cara mengetik huruf arab pada Microsoft word – pernahkah sobat merasa kesulitan ketika ingin mengetik tulisan arab di Microsoft word…? Hal serupa juga pernah terjadi pada saya. Waktu itu saya sampi pusing tujuh keliling nyari windows versi arab, ke berbagai tempat service komputer saya tanyain, apakah mereka, tapi hasilnya mereka juga kaga punya windows versi Arabic.

 Walaupun ada cara mudah memasukan ayat-ayat al Quran ke dalam Microsoft word, tapi itu hanya untuk ayat al Quran, sedangkan tulisan arab lainnya seperti hadits itu tidak bisa menggunakan trik ini.

Untungnya sekarang sudah bisa. Dan di sini saya akan share caranya. Jika sobat tertarik, mari kita meluncur ke TeKaPe…

Cara mengetik huruf arab pada Microsoft word

Cara mudah mengaktifkan keyboard arab pada windows 7

Sebelum sobat memulai mengetik tulisan arab di Microsoft word, terlebih dahulu sobat harus mengaktifkan keyboard Arabic di windows nya. Di sini saya menggunakan windows 7. Jika sobat menggunakan versi windows lainnya, caranya hampir sama.

1. Klik start\control panel kemudian pilih clock, language and regional maka akan muncul seperti ini
Cara mengetik huruf arab pada Microsoft word

2. Klik change keyboard… kemudian pilih add\arabic (arab Saudi)\keyboard\arabic (1001)\ok .Lihat gambar di bawah ini.!
Cara mengetik huruf arab pada Microsoft word

3. Setelah semuanya di klik Ok ada 3 kali Ok, maka di pojok bawah kanan taskbar ada seperti  gambar berikut ini
Cara mengetik huruf arab pada Microsoft word

4. Untuk merubah keyboard English (EN) ke arabic (AR) atau sebaliknya, sobat tinggal klik shift+alt secara bersamaan. Jika yang muncul EN berarti keyboard English yang sedang aktif, jika yang muncul AR berarti keyboard Arabic yang aktif.

Cara mengetik tulisan arab di Microsoft word

1. Buatlah document baru di Microsoft word
2. Klik shift+alt untuk menukar dari keyboard EN ke AR
3. Setelah icon berubah menjadi AR, berarti sobat sudah bisa mengetik tulisan arab. Untuk tampilan keyboard versi arab silahkan sobat lihat gambar keyboard di bawah ini. 
Cara mengetik huruf arab pada Microsoft word
Jika sobat ingin mengetik ayat-ayat al-Quran, saya sarankan menggunakan plugin quran in word, dengan software itu sobat akat lebih cepat mengetik ayat-ayat al Quran. untuk mendapatkan Quran in word versi 2.2 dan tutorialnya, sobat bisa baca artikel "cara mudah memasukan ayat al quran di microsoft word"

Selamat ya… kini sobat sudah bisa mengetik tulisan arab. Semoga bermanfaat.