Rabu, April 12, 2017

Inilah cara memasak dan resep nasi tumpeng unik dan menarik + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Inilah cara memasak dan resep nasi tumpeng unik dan menarik + Video".

Tutorial kuliner | Untuk acara-acara hajatan biasanya banyak orang yang menggunakan nasi tumpeng sebagai hidangan. Nasi tumpeng ini sering ada di acara pernikahan, ulang tahun, selamatan, dan masih banyak lagi lainnya.

Nasi tumpeng ini begitu legendaris dan tidak pernah lekang oleh waktu. Ya, dari dulu hingga sekarang nasi tumpeng masih menjadi primadona yang tidak tergantikan dengan makan-makan yang lebih modern.

Memang nasi tumpeng dibuat hanya saat ada acara tertentu saja, namun hal tersebut tidak lantas membuat resep masakan nusantara ini luntur begitu saja.

Nasi tumpeng ada yang berwarna kuning dengan campuran kunyit di dalamnya ada pula yang berwarna polos. Namun yang kebanyakan dibuat adalah yang berwarna kuning, karena memiliki rasa citarasa yang khas dari kunyitnya dan juga warnanya lebih menarik sehingga lebih menggugah selera.

Biasanya tumpeng akan disajikan dengan bahan-bahan pelengkap seperti ayam, tempe, perkedel, telur dan lainnya sesuai dengan selera Anda.

Bagi Anda yang akan menyelenggarakan acara dan ingin menghidangkan nasi tumpeng, berikut ini adalah resep nasi tumpeng enak dan unik serta menarik untuk dibuat.

Inilah cara memasak dan resep nasi tumpeng unik dan menarik
Ilustrasigambar

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi tumpeng:

- Beras putih 1. 75 kilogram
- Santan 1,75 liter
- Kunyit 6 cm
- Sere 4 batang
- Jinten 1/3 sdt
- Garam 2 ¼ sdt
- Daun salam 5 lembar
- Daun pandan 4 lembar
- Daun jeruk 7 lembar
- Jeruk nipis ½ buah, dan ambil airnya saja

Bahan untuk lauk nasi tumpeng:

- Ayam goreng
- Perkedel
- Tempe
Telur dadar
- Sambal terasi.

Cara membuat nasi tumpeng

1. Haluskan kunyit dan jinten kemudian masukkan kedalam santan lalu saring
2. Kemudian masukkan beras, salam, pandan, daun jeruk dan sere. Tambahkan garam dan aduk menggunakan api sedang.
3. Jika santan sudah tinggal sedikit, segera matikan api lalu tambahkan dengan perasan jeruk. Kemudian aduk dan biarkan hingga meresap.
4. Selanjutnya kukuslah nasi tadi selama satu jam dan cetak seperti layaknya nasi tumpeng
5. Lalu hias nasi tumpeng menggunakan lauk pauk yang sudah dipersiakan.

Itulah resep nasi tumpeng yang bisa Anda coba buat sendiri untuk acara-acara hajatan. Semoga bermanfaat.

Video Cara membuat nasi tumpeng

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat cara memasak dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami. Selamat menyaksikan dan memahami.