Cara cepat membuat footnote atau catatan kaki di word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara cepat membuat footnote atau catatan kaki di word". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Cara cepat membuat footnote atau catatan kaki di word | Sobat pasti pernah membaca sebuah buku bacaan yang di sana terdapat sebuah angka kecil di atas sebuah kata. Nah di bawah halaman buku itu ada tulisan yang menerangkan dari kata yang di kasih nomor kecil itu. Nah itulah yang disebut footnote.

Footnote jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia bebas berarti catatan kaki. Nah cara membuat catatan kaki atau footnote di word inilah yang akan saya share pada tutorial word kali ini.

Bagi sobat yang akan membuat makalah atau membuat buku dengan mengguankan Microsoft word, trik ini wajib sobat ketahui dan kuasai. Mengapa…? Karena ada beberapa kata yang tidak umum yang perlu penjelasan oleh si penulisnya. Nah penjelasan itulan di simpan dalam footnote. Selain kata yang kurang familiar, rujukan sebuah kutipan juga sering di simpan dalam catatan kaki ini. Seperti tulisan ayat al Quran. Baca : cara mudah memasukan ayat al quran di word
Cara cepat membuat footnote atau catatan kaki di word

Nah bagaimana sekarang, tertarik untuk membuat footnote…? Jika iya, yuk kita belajar membuat membuat footnote atau catatan kaki di word, bersama-sama…

Cara membuat footnote atau catatan kaki di word.

1. Silahkan sobat buat document makalah atau buku yang akan di buat catatan kakinya, atau untuk hanya belajar membuat footnote atau catatan kaki ini, silahkan sobat buat document baru saja. Supaya tidak mengganggu file makalah sobat.

2. Silahkan sobat buat kata yang akan di kasih footnote atau catatan kaki. Contoh saya akan memberi catatan kaki pada kata “Footnote”

3. Tempatkan kursor di akhir kata > Klik menu Reference > insert footnote
Cara cepat membuat footnote atau catatan kaki di word

4. Kemudian secara otomatis di akhir kata tadi ada huruf kecil, kemudian sobat akan di arahkan ke bawah halaman dan silahkan sobat berikan keterangan dari kata yang di kasih footnote tadi.
Cara cepat membuat footnote atau catatan kaki di word

Sampai di sini sobat sudah berhasil membuat footnote atau catatan kaki di makalah sobat dengan menggunakan Microsoft word. Untuk selanjutnya, silahkan dikembangkan sendiri ya… semoga bermanfaat.