Selasa, Januari 23, 2018

Cara cepat membuat daftar isi otomatis di word + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara cepat membuat daftar isi otomatis di word + video".

Tutorial Microsoft Office | daftar isi dalam sebuah buku adalah hal yang cukup penting. Sebagai mana namanya, daftar isi ini berisikan  list atau daftar judul dalam sebuah buku. Akan tetapi terkadang kita merasa kesulitan membuat daftar isi dalam sebuah buku dengan menggunakan Microsoft word ini. Selain kita harus teliti menyesuaikan judul dengan nomor halamannya, membuat titik-titik untuk daftar isi dalam sebuah buku atau makalah tidak kalah merepotkan.

Tapi sekarang tidak lagi, setelah menemukan trik mudah membut daftar isi otomatis di word ini, sobat tidak perlu lagi repot-repot melakukannya dengan cara manual. tidak perlu lagi naik turun untuk mengecek di halaman berapa judul BAB 1 dan seterusnya. Belum lagi jika ada pengeditan ulang yang membuat susunan halaman pada sebuah buku atau makalah berubah, terpaksa sobat harus menyusun ulang daftar isi yang sudah sobat buat tadi. huhu.... memang merepotkan kalau membuat daftar isi secara manual. berbeda dengan cara membuat daftar isi secara otomatis, hanya beberapa langkah, daftar isi di buku atau makalah sobat sudah bisa langsung jadi. Selain itu hasilnya juga akan lebih memuaskan, karana memang sangat rapih sekali. Trik ini tidak kalah praktisnya dengan trik  cara membuat nomor halaman pada microsoft word yang pernah saya share di blog tutorial89 ini.

Bagi sobat yang sering membuat buku (buku cetak atau e-book) atau makalah, sudah seharusnya mengetahui trik praktis membuat daftar isi secara otomatis di word ini, karena dengan trik ini, pekerjaan sobat akan sangat terbantu. Sama seperti seorang blogger, harus tahu cara membuat daftar isi otomatis di blog-nya, yang biasanya daftar isi ini sering di jadikan Sitemap pada sebuah blog.

Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat lihat gambar di bawah ini. Daftar isinya begitu tersusun rapih, begitu juga dengan titik-titiknya.  tidak ada titik-titik yang beda.
Cara membuat daftar ini otomatis pada Microsoft word

Cara membuat daftar isi otomatis pada Microsoft word

1. Buka document yang akan diberi daftar isi otomatis *saya anggap sobat sudah memiliki document yang siap di beri daftar isi
2. Silahkan sobat atur styles nya. Normal = untuk tulisan normal,  Heading 1 = untuk judul, Heading 2 = untuk sub judul. Pengaturan ini sangat penting sekali. Karena nantinya, setiap kalimat yang di beri styles Heading 1 dan Heading 2 akan menjadi daftar isi. Pengaturan styles  ini ada di menu Home.  Harus sobat lakukan…!!!
Cara membuat daftar ini otomatis pada Microsoft word
Misalnya. pada BAB 1 Tutorial microsoft word, Maka sobat block kata itu dan rubah setyle nya menjadi heading 1. Nah di BAB 1 Tutorial Microsoft word itu kan ada sub judulnya, misalnya membuat daftar isi, block kata tersebut, kemudian pilih style heading 2, begitu seterusnya. pastikan untuk yang bukan judul atau sub judul diberi style normal, supaya tidak ikut dalam daftar isi yang akan sobat buat

3. Jika sobat sudah mengatur style masing-masing, Tempatkan kursor pada halaman yang akan di simpan daftar isi buku atau makalah.
4. Klik Menu Reference\Table of Content lalu pilih model daftar isi yang di inginkan. Untuk pengaturan lebih lanjut, sobat bisa melakukannya di insert table of content…
Cara membuat daftar ini otomatis pada Microsoft word

5. Silahkan edit kata “Content” menjadi “Daftar isi”, atau kata lainnya terserah sobat. Jika sobat melakukan pengeditan lagi pada isi buku sehingga nomor halamannya berubah, sobat hanya perlu klik update table Update page number only =  hanya untuk meng-update nomor halamannya saja, sedangkan Update entire table = untuk meng-update secara keseluruhan.
Cara membuat daftar ini otomatis pada Microsoft word
Sampai di sini sobat sudah sukses membuat daftar isi otomatis pada Microsoft word. Sekarang sobat tidak perlu lagi repot-repot membuat titik-titik pada daftar isi yang sangat melelahkan, karena semuanya sudah dibuat secara otomatis. Silahkan dikembangkan sendiri ya… semoga bermanfaat.

O iya, Cara membuat daftar isi otomatis ini juga bisa sobat terapkan pada blog loh. Tentunya dengan cara yang sedikit berbeda tapi hasilnya tetap sama, yakni membuat daftar isi otomatis di blog. Nah sebelum sobat membuat daftar isinya, mungkin bisa lihat tutorial Cara membuat blog dengan mudah terlebih dahulu, karena kan kita membutuhkan blognya. Semoga berhasil.

Tutorial video membuat daftar isi otomatis di word

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih