Panduan lengkap membuat buku saku (A6) sampai jadi + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Panduan lengkap membuat buku saku (A6) sampai jadi + video".


Tutorial office | Buku saku adalah buku dengan ukuran kecil yang bisanya isinya dalah berupa petunjuk praktis sehingga mudah di bawa kemana-mana dan bisa dimasukan ke dalam saku.

Contoh-contoh buku saku yang sering kita temui terutama waktu kita jaman sekolah Dasar (SD) adalah; buku tabungan, buku SKU pramuka, kamus Bahasa inggris-indonesia, buku petunjuk haji, buku aqikah  buku komik dan lain-lain.

Panduan lengkap membuat buku saku (A6) sampai jadi + video

Nah, jika sobat tertarik ingin membuat buku-buku seperti itu, sekarang sobat sudah berada di tempat yang tepat. Karena saya akan memaparkan secara kumplit dari awal sampai jadi buku saku pada tutorial kali ini.

Sebenarnya tutorial ini mirip tutorial sebelumnya yakni saat kita membahas cara mudah mencetak buku sendiri dengan jilid softcover. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran dan jilid yang akan kita gunakan.

Saya asumsikan sobat sudah memiliki document buku yang ingin dicetak. Jadi saya tidak akan lagi memaparkan agaimana caranya mengetik dari awal ya. Namun jika sobat belum memiliki document yang siap cetak, saya sarankan untuk membaca beberapa tutorial sebelumnya agar buku sobat bener-bener terlihat profesional seperti;


Software dan bahan  yang digunakan

1. Microsoft word
2. Foxit reader
3. Photoshop

Cara setting page layout untuk susunan buku A6

Setelah sobat memiliki tulisan yang mau di cetak menjadi sebuah buku. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah melakukan setting layout, agar tulisan yang sobat buat bisa tercetak seperti buku yang selama ini sobat baca.

1. Buka naskah siap print dengan menggunakan Microsoft word. Kemudian klik page layout > size > A5. Pertanyaannya kenapa kita memilih ukuran kertas A5 padahal kita akan membuat buku dengan ukuran A6. Iya karena buku itu memiliki sisi kiri dan kanan. Jadi untuk membuat buku ukuran A6 itu artinya A6 x 2 = A5.
Panduan lengkap membuat buku saku (A6) sampai jadi + video

2. Setelah pemilihan ukuran kertas, sekarang silahkan klik margins > costume margins > multiple page > book fold > ok
Panduan lengkap membuat buku saku (A6) sampai jadi + video
Keterangan : Pastikan jumlah halaman setelah di setting book flod berjumlah kelipatan 8. Jika halamannya kurang, silahkan tambahkan halaman baru (bisa diisi halaman catatan) sampai berjumlah kelipatan 8.

3. Klik Ctrl + P  untuk mencetak halaman kemudian pilih foxit reader. kemudian klik print dan silahkan beri nama dan pilih tempat penyimpanan bukunya.
Panduan lengkap membuat buku saku (A6) sampai jadi + video
Keterangan: pastikan sebelum melakukan langkah ini, document benar-benar sudah seiap dicetak.

4. Buka file buku tadi dengan menggunakan software foxit reader (biasanya otomatis terbuk).

5. Klik Ctrl + P  > property > layout > A4 > ok
Panduan lengkap membuat buku saku (A6) sampai jadi + video

6.  Klik multiple page per set > page > masukan nomor halaman yang akan di print. Rumusnya adalah ganjil (1), ganjil (3), genap (2), genap (4) dst… jadi penulisannya adalah 1,3,2,4,5,7,6,8 sampai halaman terakhir
Panduan lengkap membuat buku saku (A6) sampai jadi + video

7. Setelah nomor halaman dimasukan semua, silahkan print dan simpat ditempat yang diinginkan seperti pada langkah nomor 3

langkah no 4-7 ini mengatur agar document A6 bisa di cetak pada kertas A4 secara bolak balik dan tersusun seperti buku. Jadi dalam satu lembar kertas A4 ini memuat 8 halaman buku A6. Itulah sebabnya mengapa kita perlu mengatur jumlah halaman kelipatan 8

Setelah langkah-langkah diatas sudah selesai, silahkan printout naskah tersebut dengan printer biasa saja. Atau jika sobat tidak punya printer, bisa datang ke tempat percetakan untuk printout naskah buku sobat.

Kurang jelas? Silahkan luangkan waktu untuk menonton tutorial dalam bentuk video


Membuat cover buku saku ukuran A6 di photoshop

Sambil menunggu printout isi naskah buku selesai, sobat bisa memasuki tahap kedua, yaitu membuat cover untuk cover buku saku sobat.

1.  Silahkan buka photoshop sobat, kemudian klik CTRL + N untuk membuat lembar kerja baru. Pilih ukuran A5 landscape dengan resolusi 300 pixel. Dan color mode warna CMYK

2. Buat garis bantu tepat di tengah-tengah lembar kerja. Caranya, tempatkan kursor di daerah ruler atau penggaris, kemudian klik dan tahan garis sampai tepat di posisi 50%
Panduan lengkap membuat buku saku (A6) sampai jadi + video

3. Setelah garis tengah dibuat. Silahkan buat garis horizontal tepat di garis bantu yang kita buat tadi. Yang selanjutnya desain cover buku sesuai denga isi dari buku saku sobat. Contohnya seperti ini.
Panduan lengkap membuat buku saku (A6) sampai jadi + video

Setelah desain selesai, silahkan save dengan format PDF. Dan sibat bisa langsung datang ke tempat percetakan untuk mencetak cover buku yang sobat buat tadi.

Sebagai informasi tambahan untuk mencetak gambar ukuran A3 kertas Artpaper 260 harganya sekitar 5.000 per lembar.

Masih belum faham dengan cara membuat cover untuk buku saku? Silahkan luangkan waktu sejenak untuk melihat videonya.


Finishing buku saku ukuran A6

1. Silahkan potong isi naskah dan cover buku sesuai keperluan.

2. Susun naskah buku sesuai nomor halaman yang dibuat agar menjadi susunan buku yang siap di streples.

3. Satukan isi buku dengan cover buku. Kemudian mulailah untuk menseteples tengah buku seperti buku tulis.
Panduan lengkap membuat buku saku (A6) sampai jadi + video

Nah, setelah buku disteples dengan covernya, kini buku saku sobat sudah hampir jadi. Tinggal di potong bagian atas, bawah dan kanan buku yang tidak rapi dengan menggunakan cutter.

Jika belum faham cara finising buku sakunya, sobat bisa melihat tutorial dalam betuk videonya di sini.

Setelah selesai, baru deh sobat bisa membacanya atau memberikan kepada keluarga atau temen sobat yang lain. Semoga berhasil.