Kamis, September 28, 2017

Cara membuat nomor halaman berbeda di word +Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat nomor halaman berbeda di word +Video".

Tutorial microsoft Office | Sobat pasti pernah dong membaca sebuah buku, dan setiap buku pasti ada yang namanya nomor halaman (page number)  disetiap halamnnya. Pernahkan sobat perhatikan… ketika sobat membuka daftar isi, prakata, kata pengantar dan hal-hal yang berkaitan sebelum isi buku tersebut biasanya di beri nomor halaman dengan angka romawi, sedangkan di halaman isi buku tersebut, baru diberi nomor halaman dengan nomor biasa.

Tahu kah sobat … membuat nomor halaman yang berbeda seperti itu bisa dilakukan di Microsoft word yang masih dalam satu file atau satu document. Yang pada kesempatan kali ini akan saya share cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft word.

Tutorial ini juga saya persembahkan kepada teman saya, yang dulu pernah bertanya bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft word”. Waktu itu beliau akan membuat tugas makalah, dan ingin memberi nomor halaman dengan angka romawi pada bagian cover makalahnya dan nomor biasa pada halaman isinya.

Cara membuat nomor halaman berbeda di word
Oke lah, bagi sobat yang juga ingin membuat makalah atau buku dengan nomor halaman yang berbeda pada halaman tertentu, mari kita mulai belajar Microsoft word bersama.

Cara membuat nomor halaman (page Number) berbeda di Microsoft word

Pada beberapa waktu yang lalu saya pernah share cara membuat nomor halaman otomatis pada Microsoft word. Nah tutorial Microsoft kali ini adalah pendalaman dari tutorial tersebut. Jadi jika sobat belum tahu cara membuat nomor halaman otomatis di Microsoft word, ada baiknya sobat membaca terlebih dahulu tutorial cara membuat nomor halaman otomatis di Microsoft word

Setelah mengerti cara membuat nomor halaman otomatis di Microsoft word sekarang kita akan mulai membuat nomor halaman berbeda di Microsoft word

1. Buka makalah yang sudah sobat susun *saya anggap sobat sudah punya file word yang sudah siap di beri halaman berbeda

2. Tambahkan page number seperti biasa, dan atur nomor halaman menjadi model nomor romawi (baca : Cara membuat nomor halaman otomatis di word)
Cara membuat nomor halaman berbeda di word

3. Tempatkan kursor di akhir halaman yang nomor halamnya ingin berbeda. Contoh; jika sobat ingin membuat halaman tiga dengan nomor halaman yang berbeda, maka kursor di tempatkan di akhir halaman dua.
Cara membuat nomor halaman berbeda di word

4. Klik Page layout > Breaks > Next Page, pengaturan ini berfungsi untuk memputus setting ada halaman berikutnya. Lihat gambar untuk lebih jelas
Cara membuat nomor halaman berbeda di word



5. tempatkan kursor pada halaman 3 (halaman yang no halamannya akan di setting berbeda), kemudian klik Insert > Page number > format page number, lalu atur seperti gambar berikut ini
Cara membuat nomor halaman berbeda di word

Sampai di sini sobat sudah sukses membuat nomor halaman berbeda di satu file dengan Microsoft word. Jadi sekarang jika sobat ingin membuat nomonr halaman berbeda untuk makalah, tak perlu lagi membuat document word menjadi dua file. Untuk hasil akhirnya, sobat bisa melihatnya pada screenshot paling atas.

Selesai sudah tutorial Microsoft kali ini. sampai jumpa lagi pada tutorial berikutnya. Semoga membantu.

Tutorial video membuat nomor halaman berbeda di word

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih