Selasa, Januari 30, 2018

Cara cepat membuat footnote atau catatan kaki di word + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara cepat membuat footnote atau catatan kaki di word + Video".

Cara cepat membuat footnote atau catatan kaki di word | Sobat pasti pernah membaca sebuah buku bacaan yang di sana terdapat sebuah angka kecil di atas sebuah kata. Nah di bawah halaman buku itu ada tulisan yang menerangkan dari kata yang di kasih nomor kecil itu. Nah itulah yang disebut footnote.

Footnote jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia bebas berarti catatan kaki. Nah cara membuat catatan kaki atau footnote di word inilah yang akan saya share pada tutorial word kali ini.

Bagi sobat yang akan membuat makalah atau membuat buku dengan mengguankan Microsoft word, trik ini wajib sobat ketahui dan kuasai. Mengapa…? Karena ada beberapa kata yang tidak umum yang perlu penjelasan oleh si penulisnya. Nah penjelasan itulan di simpan dalam footnote. Selain kata yang kurang familiar, rujukan sebuah kutipan juga sering di simpan dalam catatan kaki ini. Seperti tulisan ayat al Quran. Baca : cara mudah memasukan ayat al quran di word
Cara cepat membuat footnote atau catatan kaki di word

Nah bagaimana sekarang, tertarik untuk membuat footnote…? Jika iya, yuk kita belajar membuat membuat footnote atau catatan kaki di word, bersama-sama…

Cara membuat footnote atau catatan kaki di word.

1. Silahkan sobat buat document makalah atau buku yang akan di buat catatan kakinya, atau untuk hanya belajar membuat footnote atau catatan kaki ini, silahkan sobat buat document baru saja. Supaya tidak mengganggu file makalah sobat.

2. Silahkan sobat buat kata yang akan di kasih footnote atau catatan kaki. Contoh saya akan memberi catatan kaki pada kata “Footnote”

3. Tempatkan kursor di akhir kata > Klik menu Reference > insert footnote
Cara cepat membuat footnote atau catatan kaki di word

4. Kemudian secara otomatis di akhir kata tadi ada huruf kecil, kemudian sobat akan di arahkan ke bawah halaman dan silahkan sobat berikan keterangan dari kata yang di kasih footnote tadi.
Cara cepat membuat footnote atau catatan kaki di word

Sampai di sini sobat sudah berhasil membuat footnote atau catatan kaki di makalah sobat dengan menggunakan Microsoft word. Untuk selanjutnya, silahkan dikembangkan sendiri ya… semoga bermanfaat.

Tutorial video membuat footnote di word

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih