Rabu, Januari 17, 2018

Cara mengatur paragraf di Microsoft word + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mengatur paragraf di Microsoft word + Video".

Tutorial microsoft office | Jika sobat sudah terbiasa berkunjung ke blog TUTORIAL89 ini. pasti sobat akan menemukan pada baris pertama di setiap paragraph tulisannya aga masuk kedalam. Kalau dalam Microsoft word itu namanya special first line. Sedangkan untuk bullet and numbering di baris pertama akan menggantung keluar. Dalam istilah Microsoft word disebut dengan special hanging.

Hal serupa juga biasa sobat temukan saat membaca sebuah buku atau makalah. Setting layout diatur sedemikian rupa, supaya tampak rapih dan enak dibaca. Nah… pada tutorial Microsoft kali ini, saya akan share cara mengatur paragraph pada sebuah buku atau makalau, supaya lebih terlihat rapih. Yang demikian itu tentu akan menambah nilai plush.

Cara mengatur paragraf di Microsoft word

Pada pengaturan paragraph ini kita akan melakukannya dengan cara otomatis. Jadi kita tidak usah memberi pengaturan disetiap paragraph secara manual. Karena hal itu tentu akan merepotkan kita. Sebagai mana yang sudah kita ketahui bersama. Di Microsoft word ini banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan secara otomatis. Seperti membuat nomor halaman, membuat daftar isi, mengurutkan nama sesuai abjad dan lain-lain.

Cara mengatur paragraph di Microsof tword

1. Silahkan sobat buka file makalah sobat yang akan di atur tata letak paragraphnya dengan menggunakan Microsoft word. Atau sobat bisa membuat document baru untuk latihan mengatur paragraph di Microsoft word. Pada tutorial kali ini, saya menggunakan Microsoft office 2013.

2. Block bagian paragraph yang akan kita atur, kemudian klik menu home > panah kecil yang ada di samping tulisan paragraph
Cara mengatur paragraf di Microsoft word

3. Kemudian pilih first line, jika sobat menginginkan baris pertama agak masuk kedalam. Dan pilih hanging jika sobat menginginkan baris pertama menggantung keluar. Sobat juga bisa mengatur jaraknya pada kolom by yang berada di sebelahnya.
Cara mengatur paragraf di Microsoft word

Keterangan tambarhan:
Alignment untuk mengatur rata kiri, rata tengah, rata kanan dan rata kiri kanan
Direction untuk mengatur arah mengetik. Right to left yang berarti mengetik dimulai dari kanan ke kiri, biasanya digunakan untuk pengetikan bahasa arab. Baca tutorial cara mengetik bahasa arab di Microsoft word. Sedangkan left to right digunakan untuk bahasa latin.
Identation untk mengatur awal dan akhir jarak penulisan. Dipengaturan inilah kita bisa mengatur baris pertama masuk kedalam atau menggantung keluar
Spacing untuk mengatur jarak dari baris pertama dengan baris berikutnya

Semoga dengan tutorial yang sederhana ini, makalah atau buku yang sobat ketik jadi tambah rapih, sehingga lebih indah dipandang dan enak di baca. O ya, sepertinya sobat juga mesti tahu cara mengatur paragraph di photoshop deh. Jika sobat belum tahu cara pengaturannya, sobat bisa melihat tutorialnya di cara mengatur paragraph di photoshop Semoga bermanfaat.

Tutorial Video Mengatur Paragraph di Word

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih