Selasa, Desember 4

Video Kursus Microsoft word online part3 (wordArt, image, shape, diagram)

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Video Kursus Microsoft word online part3 (wordArt, image, shape, diagram)".

Kursus microsoft word | Saat ini sobat pasti sudah lihai membuat document Microsoft word. termasuk mengatur paragraph dan membuat style word cap di awal paragrahnya. Jika masih bingung, silahkan mampir kembali ke kursus Microsoft word part 2 kemaren.

Nah, sekarang kita akan kembali melanjutkan ke kursus Microsoft word part 3. Ini adalah pertemuan kita yang ketiga. Dan dipertemuan ketiga ini kita akan lebih focus ke menu insert. Dengan memasukan berbagai hal agar document Microsoft word kita lebih hidup. Apa saja yang akan kita masukan ke dalam Microsoft word di pertemuan kali ini. Yuk kita Mulai.

Video Kursus Microsoft word online part3 (wordArt, image, shape, diagram)

1. Membuat WordArt

Word itu berarti kata. Sedangkan art berarti seni. Jadi kalau kita gabungkan menjadi seni kata. Artinya tulisan yang didesain sedemikian rupa agar membentuk art yang mengabumkan.

Bagi sobat yang sudah terbiasa dan masih menggunakan Microsoft 2003 ke bawah, pasti tidak akan asing lagi dengan tool yang satu ini. Karena tool ini dengan mudah terlihat ketika kita membuka atau membuat document Microsoft word. tapi berbeda di tampilan Microsoft word 2007 atau versi diatasnya. Tools word art ini agak tersembunyi, sehingga tidak banyak orang yang mengetaui ada tool sekeren ini. Kecuali emang mereka yang sudah level sultan.

Nah, di kursus Microsoft word part ke-3 ini kita akan bahas tuntas hal-hal yang berhubungan dengan wordArt.

2. Memasukan gambar atau photo

Pelajaran kedua yang akan kita bahas di kursus Microsoft word ini adalah memasukan gambar atau photo kedalam sebuah document Microsoft word. sebenarnya gambar dan photo itu sama. Hanya biasanya kalau gambar itu identink dengan hasil olahan tangan manusia, baik dengan cara manual ataupun dengan cara digital. Sedangkan photo itu lebih menjurus ke segala sesuatu yang diambil dengan menggunakan kamera.

Dengan memasukan gambar atau photo ke dalam document Microsoft word, document yang kita buat akan lebih hidup. Pembaca akan lebih mudah membayangkan apa yang kita maksud dengan bantuan gambar ilustrasi yang kita sisipkan.

Seperti halnya, kita (sebagian besar) akan lebih suka membaca buku yang bergambar daripada yang hanya memuat tulisan tanpa henti. So… jangan sepelekan memasukan gambar atau photo ke dalam document Microsoft word mu ya.

3. Memasukan shape ke dalam document Microsoft word 

Memasukan shape ini hampir sama dengan memasukan gambar atau photo di atas. Bedanya shape ini berisikan berbagai bentuk bangun ruang yang bisa digunakan untuk document Microsoft word kita. Kalau gambar atau photo kita harus memiliki atau mendownloadnya terlebih dahulu, shape ini sudah menjadi bawaan aplikasi Microsoft word. jadi kita tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk memasukan shape ke dalam Microsoft word.

Contoh penggunaan shape bisa kita terapkan ketika kita ingin membuat jadwal piket, kartu nama atau bahkan sebuah logo bisa kita buat dengan memanfaatkan fitur shape ini.

4. Membuat diagram

Waktu sobat belajar matematika pasti pernah membuat sebuah diagram. Kita biasanya membuatnya manual dengan menggunakan pinsil di selembar kertas. Tapi tahukah sobat? Dengan menggunakan Microsoft word ini kita bisa dengan mudah membuat diagram dalam berbagai bentuk dan desain.

Bukan hanya diagram 2 dimensi, kita juga bisa membuat diagram dalam gambar 3D. yang perlu kita lakukan hanya memasukan beberapa angka dan nama maka secara otomatis diagram akan langsung jadi lengkap dengan presentasenya. Tak percaya? Cobain aja sendiri.

Nah, keempat pelajaran di atas, bisa sobat temukan dalam Kurusu computer Microsoft word part 3 ini. Video ini disajikan dalam bentuk step by step tutorial dilengkapi dengan narasi dan back sound music relax. Selamat menyaksikan.