Sabtu, Desember 01, 2018

Video Kursus Microsoft word online part2 (membuka, paragraph, kolom, Drop cap)

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Video Kursus Microsoft word online part2 (membuka, paragraph, kolom, Drop cap)".

Kursus microsoft word | Setelah di kursus computer Microsoft word pertama kemarin kita bahas cara membuat lembar kerja baru, mengenal menu dan icon di word, pengaturan huruf, pengaturan page layout, dan menyimpan document. Saat ini kita kembali akan melanjutkan pelajaran kita yang tertunda.

Tentunya di kursus computer Microsoft word yang kedua ini kita akan semakin memperdalam pelajaran Microsoft word agar pekerjaan kita semakin mudah. Adapun pelajaran-pelajaran yang akan kita bahas adalah:
Video Kursus Microsoft word online part2 (membuka, paragraph, kolom, Drop cap)

1. Membuka document Microsoft word

Ada banyak cara membuka document micorosft word yang telah kita buat di pertemuan yang lalu. Caranya bisa kita membuka aplikasi Microsoft word terlebih dahulu, kemudian kita cari nama file yang kita simpan kemarin.

Bisa juga kita bisa langsung membuka folder dan menemukan file microsof word kita. Setelah ketemu langsung deh di doble klik. Nanti document micorosft word akan langsung terbuka. Atau dengan cara klik kanan pada file yang akan kita buka kemudian pilih open with word.

2. Mengatur paragraph di microsoft word

Mengatur paragraph ini menjadi sangat penting, terlebih ketika sobat mengetik untuk membuat buku yang akan di print out. Dengan pengaturan paragraph di awal pengetikan, kita akan mudah kedepannya. Ditambah lagi, ketika kita mengetik, ketikan kita akan langsung rapi tanpa pengaturan tersu menerus disetiap paragraph baru.

Pengaturan paragraph ini meliputi, bagaimana kita membuat tulisan rata kiri, rata, tengah, rata kanan atau rata kedua sisinya. Kita juga akan belajar bagaimana cara membuat kalimat baris pertama lebih menjorok kedalam atau sebaliknya dari baris berikutnya. Dan hal-hal lain yang tentunya tidak kalah menarik dari semua itu.

3. Membuat 2 kolom atau lebih di word

Secara default ketika kita mengetik di Microsoft word, kita akan melihat satu kolom saja. Nah, di sini kita akan belajar bagaimana cara membuat dua kolom atau lebih seperti yang sering kita temukan di majalah atau koran yang memiliki lebih dari satu kolom.

Di sini juga kita akan belajar bagaimana caranya membuat garis pemisah antara kolom, atau membuat kolom dari kanan ke kiri untuk teks atau tulisan berbahasa arab.

4. Membuat tulisan drop cap di word

Apa sih drop cap itu? Mungkin sedikit yang mengenal istilah drop cap, karena kata ini memang kurang pamiliar. Tapi sebenarnya sobat sudah sering menemukan di buku-buku. Lalu apa itu drop cap?

Drop cap adalah huruf pertama dalam sebuah paragraph yang dibuat lebih besar, biasanya ukurannya sampe dua atau tiga baris. Sobat sering menemukan model dropcop ini di koran atau majalah. Mau tahu cara membuatnya, yuk simak penjelasannya di video berikut ini.