Rabu, April 18, 2018

Cara mengatur paragraph di photoshop agar rapih + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mengatur paragraph di photoshop agar rapih + Video".

Tutorial photoshop | Jika pada tutorial Microsoft office yang lalu kita belajar mengatur paragraph di Microsoft word, di tutorial photoshop kali ini juga kita juga akan belajar mengatur paragraph. Namun paragraph yang akan kita atur pada tutorial kali ini adalah paragraph di dalam photoshop, kan lagi ngomongin photoshop J.

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia desain menggunakan photoshop mungkin pengaturan paragraph ini sesuatu hal yang bukan asing lagi, tapi bagi para pemula yang baru belajar photoshop seperti saya ini, mengatur tulisan berfaragrap di photoshop itu sulit sekali. Bahkan tidak jarang menganggap “di photoshop itu tidak bisa menulis tulisan berfaragrap”. Padahal pengaturannya sudah di sediakan oleh adobe photoshop ini, hanya saja letak pengaturannya agak tersembunyi dan jarang terjamah.

Cara mengatur paragraph di photoshop
Contoh tulisan yang di buat dengan menggunakan photoshop yang sudah di atur paragraphnya

Pengaturan tulisan berfaragraph di photoshop ini, sangat banyak sekali manfaatnya, terutama ketika kita menginginkan tulisan dalam jumlah yang banyak. Bukan hanya sebaris dua baris tulisan. Seperti membuat cover buku, cover box dvdmembuat brosur, membuat poster dan lain-lainnya. Maka dari itu saya menganggap pengaturan paragraph ini wajib sobat ketahui. Caranya sangat mudah kok. Mirip dengan pengaturan paragraph di Microsoft word. Kalau gak percaya, silahkan disimak tutorial photoshop di bawah ini.

Cara mengatur paragraph di photohsop

1. Silahkan sobat buka photoshop sobat, kemudian klik Ctrl+N untuk membuat document baru. silahkan atur nama dan ukurannya sesuka sobat. kalau saya menggunakan ukuran 900 x 600 pxl. O ya. Pastikan sobat mengakses artikel ini di www.tutorial89.com. Jika tidak, berarti sobat sedang membaca artikel plagiat.

2. Klik horizontal type tool (T), kemudian klik sambil di tahan sampai membentuk seperti ini. ini berfungsi untuk mengatur area tulisan.
Cara mengatur paragraph di photoshop

3. Silahkan atur jenis, ukuran, warna dan lain sebagainya, lalu mulailah mengetik tulisan yang sobat inginkan.
Cara mengatur paragraph di photoshop

4. Klik menu windows > paragraph, kemudian silahkan atur paragraph sesuai dengan kebutuhan sobat. sebelum melakukan pengaturan blok terlebih dahulu tulisan yang akan di atur. Hal ini sama dengan pengaturan di Microsoft word.
Cara mengatur paragraph di photoshop

Sampai disini, sobat sudah tahu letak pengaturan paragraph pada tulisan di photoshop, untuk pengaturan masing-masing paragraph tersebut, silahkan sobat langsung di coba sendiri supaya tahu kegunaannya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Tutorial video mengatur paragrap di photoshop

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih