Mengenal Preposisi Dalam Bahasa Inggris

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Mengenal Preposisi Dalam Bahasa Inggris".

Belajar bahasa inggris | Bagaimana dengan kalimat yang sudah Anda buat? Apakah sudah menggunakan tobe dan pronoun yang benar?? Jika belum faham, silahkan baca kembali pelajaran sebelumnya pada artikel terdahulu. Terkadang, Anda pasti ingin menggunakan kata keterangan dalam membuat sebuah kalimat. Bagaimanapun juga, untuk membuat kata keterangan diperlukan kata depan. Kata depan dalam Bahasa Inggris disebut dengan preposition.

Preposition digunakan untuk menghubungkan kata benda atau pun frasa benda. Ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan kata ganti. Terdapat banyak sekali jenis preposition dalam Bahasa Inggris. Sebagai permulaan, mari pelajari tentang beberapa jenis preposition yang sering digunakan.

Mengenal Preposisi Dalam Bahasa Inggris
Gambar ilustrasi

Jenis-jenis Preposisi dalam bahasa inggris


A. Preposition of time
Preposition of time adalah kata depan yang digunakan untuk menyatakan waktu. Terdapat 3 jenis preposition of time yang sering digunakan yaitu on, in, dan at.

1. In digunakan pada bulan dan tahun serta waktu-waktu tertentu
Contoh : In April, in 1991, In the morning, in the spring, dll.

2. On digunakan pada hari, tanggal, dan hari-hari tertentu
Contoh : on Monday, on August 23, on my birthday

3. At digunakan jam serta waktu tertentu yang jelas
Contoh : at noon, at dinner time

B. Preposition of place
Preposition of place adalah kata depan yang digunakan untuk menunjukkan tempat. Sama dengan preposition of time, terdapat 3 jenis preposition yang biasanya digunakan yaitu on, in, dan at.

1. In digunakan untuk tempat yang ber “ruangan”.
Contoh: in the class, in the hall

2. On digunakan untuk tempat yang berupa permukaan
Contoh : On the table, on the floor, on the road

3. At digunakan untuk tempat tertentu dan nama jalan
Contoh: At school, at the front of my house

C. Preposition of direction
Kata depan ini digunakan untuk menunjukkan arah. Kata depan yang biasa digunakan untuk menunjukkan arah adalah to, into, through, toward, dll

Contoh kalimat:
She goes to the market,
Dia pergi ke pasar
Someone is coming toward me.
Seseorang datang ke arah ku

Ketiga jenis preposition di atas memang seringkali muncul dalam Bahasa Inggris. Anda bisa mencoba untuk mencari preposisi tersebut dalama bacaan Bahasa Inggris supaya lebih paham. Selamat belajar!
INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at
Sponsor

Artikel Terkait