Bagaimana cara membuat kolak pisang dan ubi? berikut langkah-langkahnya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Bagaimana cara membuat kolak pisang dan ubi? berikut langkah-langkahnya". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien

Tutorial kuliner | Memasuki bulan suci ramadhan atau bulan yang penuh berkah membuat sebagian orang di dunia beramai-ramai menyiapkan segala keperluan untuk menyambut bulan yang suci dan penuh dengan pengampunan.

Mulai dari pakaian untuk beribadah hingga menu takjil berbuka puasa, makanan manis mendominasi menu santap pada bulan ramadhan. Seperti kolak pisang dan ubi, dimana kolak yang memiliki cita rasa manis dan sangat cocok untuk menu santap berbuka puasa.

Siapa yang tidak mengenal menu favorit masyarakat Indonesia ini, menu yang selalu menjadi andalan ketika bulan ramadhan menjadikan kolak pisang dan ubi sangat digemari dan digemari karena rasa yang manis dan tekstur buah yang empuk.

Banyak kandungan yang terdapat dari buah pisang dan ubi, diantaranya adalah karbohidrat, protein yang sangat cocok untuk kesehatan tubuh manusia dan baik dikonsumsi berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan dewasa.

Kolak pisang dan ubi sangat mudah dan praktis untuk dibuat di rumah dan bisa disantap bersama keluarga tercinta, anda juga bisa menghemat pengeluaran keluarga anda dengan membuat kolak pisang dan ubi sendiri. Bahan- bahan yang disiapkan juga mudah didapat di pasar tradisional.

Bagaimana cara membuat kolak pisang dan ubi? berikut langkah-langkahnya
Gambar ilustrasi

Bahan-bahan untuk membuat kolak pisang dan ubi

- Buah pisang, diusahakan buah pisang kepok atau tanduk
- Gula merah 400 sebanyak gram
- Gula pasir 2 sendok makan
- Ubi jalar
- Kolang-kaling sebanyak 100 gram
- 2 lembar daun pandan
- Santan kelapa
- Garam secukupnya
- Air

Berikut langkah praktis dalam membuat kolak pisang dan ubi

1. Kupas buah pisang dan potong menjadi beberapa bagian
2. Kemudian, kupas ubi jalar dan potong dadu
3. Bersihkan kolang-kaling dan daun pandan menggunakan air hingga bersih, lalu simpulkan daun pandan tersebut
4. Rebus ubi jalar terlebih dahulu dengan air hingga matang, masukkan gula merah dan gula pasir serta daun pandan yang telah dicuci bersih
5. Selanjutnya, masukkan buah pisang dan kolang-kaling, tunggu hingga buah pisang dan kolang-kaling matang dan empuk
6. Masukkan santan kelapa dan sedikit garam, aduk hingga bumbu-bumbu tercampur merata kurang lebih 15 menit
7. Apabila sudah mendidih, tuangkan kolak pisang dan ubi ke dalam mangkuk saji
8. Kolak pisang dan ubi siap untuk dihidangkan

Tips mudah dan praktis diatas diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda semua dalam membuat kolak pisang dan ubi yang menyegarkan dan menyehatkan, cocok untuk menu berbuka puasa bersama keluarga anda. Selamat mencoba.
INFO PENULIS
Penulis
Venicka Arlia Putriana
Facebook
https://fb.com/venicka.ap
Publised at

Artikel Terkait