Cara mudah menulis harokat arab di word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah menulis harokat arab di word".

Tutorial microsoft office | Pada beberapa waktu lalu saya pernah share tutorial cara mengetik tulisan arab diMicrosoft word. Akan tetapi ada beberapa masalah baru yang belum bisa terselesaikan di tutorial waktu itu, terutama bagi para pemula yang baru belajar Microsoft word.

Diantara masalah dalam mengetik arab di Microsoft word adalah tidak bisa mengetik angka arab di word. Padahal untuk mengetik huruf arab biasa sudah bisa. Cara mengatasinya sudah saya sehare pada tutorial cara mengetik huruf arab di word. Akan tetapi masih ada hal yang belum sempat saya kasih tau dalam masalah mengetik tulisan arab ini. diantaranya adalah cara menulis harokat.

Cara mudah menulis harokat arab di word

Sebagaimana kita ketahui, bahasa arab itu memiliku keunika tersendiri, diantaranya adanya harokat yang akan mempengaruhi sebuah makna sebuah tulisan. Mungkin bagi yang sudah terbiasa membaca kitab kuning bertuliskan arab gundul hal ini tidaklah terlalu masalah, tapi bagi kita yang gak faham arab gundul dibutuhkan harokat untuk bisa membacanya, supaya tidak salah menafsirkan. Maka dari itu, silahkan disimak baik-baik tutorial microsoft word berikut ini.

Menurut berita sejarah yang saya baca dari beberapa sumber, asalnya tulisan arab itu tidak berharokat. bahkan tidak memiliki tanda titik disetiap hurufnya. jadi kita akan sulit untuk membedakan mana hudur ba, ta, tsa nun karena semuanya ditulis tanpa titik. Untungnya dizaman kita tulisan arab sudah disempurnakan sehingga kita tidak terlalu kesulitan membaca tulisan arab. Semoga Allah memberikan balasan berlipat-lipat bagi orang yang berjasa mempermudah tulisan arab ini. Amin

Cara menulis harokat arab di word

Harokat bahasa arab ada 8 harokat cara penulisannya sangat gampang kok hanya membutuhkan kombinasi key di keyboard. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat daftar berikut ini.
NONAMAKODE
1FathahShift + Q
2 Fathah tainShift + W
3KasrohShift + A
4Kasroh TainShif + S
5DhomahShift + E
6Domah TainShift + R
7SukunShift + X
8SiddahShift + ~
Akan tetapi pengetikan harokat ini hanya bisa berfungsi ketika dalam mode bahasa arab. Harokat ini diketik setelah kita mengetik huruf yang diinginkan. Silahkan langsung dicoba, supaya lebih jelas. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait