Kamis, Januari 25, 2018

Cara mengetik angka arab di ms Word + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mengetik angka arab di ms Word + Video".

tutorial89 | masih ingat kan pada pertemuan yang lalu saya pernah share cara mengetik tulisan arab di Microsof Word. Ternyata setelah mempraktekan trik yang saya share itu, ada sebagian sobat yang belum bisa mengetik angka arab di Microsoft office. padahal untuk mengetik tulisan arab yang lainnya sudah bisa.

Jika sobat mengalamai hal yang serupa, yakni setelah mengaktifkan tulisan arab sobat tidak bisa mengetik angka arabnya, pada tutorial kali ini saya akan share cara mengatasi tidak bisa mengetik angka arab di Microsoft word. Bagi sobat yang belum mengaktifkan tulisan arab di komputernya, silahkan setting dulu. Caranya bisa sobat baca di tutorial cara menulis tulisan arab di Microsoft word.

Cara mengetik angka arab di ms Word

Cara mengetik angka arab di Microsoft word

1. Pastikan sobat sudah men-setting tulisan arab dikomputernya. Jika belum silahkan setting dulu ya. Tutorialnya tuh di atas sudah disertakan.

2. Buka Microsoft word sobat. Pada contoh kali ini saya menggunakan Microsoft word 2013. Tetapi pada prakteknya sama saja *minimal dari office 2007-office 2013, office 2003 kebawah sudah lupa caranya. Hehe....

3. Klik segitiga kecil / more commands. Lihat gambar unutk lebih jelas.
Cara mengetik angka arab di ms Word

4. Pilih advance kemudian scroll sampai sobat menemukan tulisan numeral pada kolom disebelahnya pilih context setelah itu klik Ok. Lihat gambar untuk lebih jelas.
Cara mengetik angka arab di ms Word

5. Sekarang klik Shift+Alt untuk merubah huruf arab ke English atau sebaliknya. Setelah mengaktifkan huruf arab silahkan sobat mulai mengetik angka arab. Maka hasilnyapun akan menjadi angka arab sebagaimana yang sobat harapkan. Sebagai contoh sobat bisa lihat gambar di bawah ini.
Cara mengetik angka arab di ms Word
Bagaiman… sangat mudah sekali bukan, sekarang sobat bisa dengan leluasa mengetik angka arab di Microsoft word sobat…. O iya, bagi sobat yang mau memasukan surat-surat al-quran seperti surat yasin, al mulk, alikhlas, annas, alfalaq dll, silahkan baca tutorial cara memasukan ayat al Quran kedalam Microsoft word. Semoga bermanfaat.

Tutorial video mengetik angka arab di word

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih