Cara mengetik angka arab di ms Word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara mengetik angka arab di ms Word". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



tutorial89 | masih ingat kan pada pertemuan yang lalu saya pernah share cara mengetik tulisan arab di Microsof Word. Ternyata setelah mempraktekan trik yang saya share itu, ada sebagian sobat yang belum bisa mengetik angka arab di Microsoft office. padahal untuk mengetik tulisan arab yang lainnya sudah bisa.

Jika sobat mengalamai hal yang serupa, yakni setelah mengaktifkan tulisan arab sobat tidak bisa mengetik angka arabnya, pada tutorial kali ini saya akan share cara mengatasi tidak bisa mengetik angka arab di Microsoft word. Bagi sobat yang belum mengaktifkan tulisan arab di komputernya, silahkan setting dulu. Caranya bisa sobat baca di tutorial cara menulis tulisan arab di Microsoft word.

Cara mengetik angka arab di ms Word

Cara mengetik angka arab di Microsoft word

1. Pastikan sobat sudah men-setting tulisan arab dikomputernya. Jika belum silahkan setting dulu ya. Tutorialnya tuh di atas sudah disertakan.

2. Buka Microsoft word sobat. Pada contoh kali ini saya menggunakan Microsoft word 2013. Tetapi pada prakteknya sama saja *minimal dari office 2007-office 2013, office 2003 kebawah sudah lupa caranya. Hehe....

3. Klik segitiga kecil / more commands. Lihat gambar unutk lebih jelas.
Cara mengetik angka arab di ms Word

4. Pilih advance kemudian scroll sampai sobat menemukan tulisan numeral pada kolom disebelahnya pilih context setelah itu klik Ok. Lihat gambar untuk lebih jelas.
Cara mengetik angka arab di ms Word

5. Sekarang klik Shift+Alt untuk merubah huruf arab ke English atau sebaliknya. Setelah mengaktifkan huruf arab silahkan sobat mulai mengetik angka arab. Maka hasilnyapun akan menjadi angka arab sebagaimana yang sobat harapkan. Sebagai contoh sobat bisa lihat gambar di bawah ini.
Cara mengetik angka arab di ms Word
Bagaiman… sangat mudah sekali bukan, sekarang sobat bisa dengan leluasa mengetik angka arab di Microsoft word sobat…. O iya, bagi sobat yang mau memasukan surat-surat al-quran seperti surat yasin, al mulk, alikhlas, annas, alfalaq dll, silahkan baca tutorial cara memasukan ayat al Quran kedalam Microsoft word. Semoga bermanfaat.