Jumat, Maret 18, 2022

Apa Saja yang Perlu Dicek saat Test Drive? Cek di Sini

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Apa Saja yang Perlu Dicek saat Test Drive? Cek di Sini".

Menghindari kekecewaan setelah membeli mobil, sebaiknya Anda melakukan test drive mobil roda empat. Hampir semua dealer mobil Suzuki menyediakan layanan ini, yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga Anda.


Mengingat harga mobil yang tidak murah, tentu saja layanan ini harus Anda manfaatkan sebaik-baiknya. 


Apalagi ini kali pertama Anda membeli mobil. Hanya dengan membaca spesifikasi dari brosur atau website tidaklah cukup. Anda harus merasakan bagaimana tingkat kenyamanan mobil sebagai pengemudi sampai dengan fitur yang disediakan. Lalu apa saja yang harus Anda cek saat test drive?

 


6 Hal yang Wajib Diperhatikan saat Melakukan Test Drive

Proses pengajuan test drive sebelum membeli mobil tidaklah sulit. Beberapa dealer sudah menyediakan formulir booking dari halaman website resmi mereka. Anda tinggal melakukan pendaftaran dengan memilih jenis mobil dan mengatur jadwal test drive dengan mengisi formulir. 


Usai mengisi formulir sales akan mengkonfirmasi pengajuan Anda untuk penjadwalan yang lebih tepat. Anda pun tinggal datang langsung ke dealer sesuai dengan jadwal test drive. Selama test drive, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebagai berikut: 


1.    Mengecek Kinerja Setir dan Ram

Atur tempat duduk agar lebih nyaman, kemudian Anda bisa mulai mengemudi. Pada saat mengemudi cek terlebih dahulu fungsi rem dengan melalui jalanan yang tidak merata. Pastikan bahwa rem memiliki fungsi yang normal dan pakem. 


Kemudian cek setir mobil dengan membelokannya ke kiri serta kanan. Pastikan power steering bekerja dengan optimal, tidak ada bunyi atau terasa berat.Setir juga harus dicek apakah condong ke kiri atau kanan pada saat jalan karena sangat penting untuk mobil berjalan dengan lurus. 


2.     Mengecek Lampu Indikator
Pada saat Anda mulai menyalakan mobil, lampu indikator di bagian dashboard harus menyala dengan baik. Cara mengeceknya adalah nyalakan mobil pertama kali kemudian cek bagian lampu ini. 


Matikan mobil kemudian nyalakan kembali, maka Anda akan melihat apakah ada perubahan dari lampu indikatornya. Apabila ada salah satu yang tidak menyala artinya ada masalah baik itu di bagian mesin atau kelistrikan. 


3.    Mengecek Kondisi Transmisi
Baik itu mobil matic maupun manual, Anda tetap harus mengecek kondisi transmisinya. Mengecek transmisi ini bisa dengan cara memindahkannya ke semua posisi yang sudah disediakan. Ketika berpindah, coba rasakan apakah teras halus atau justru terdapat hentakan yang keras. 


Dengan catatan Anda melakukan perpindahan transmisi dengan benar. Khusus mobil manual, perpindahan tidak boleh terdapat slip atau transmisi yang tersangkut. Kopling juga harus tidak terasa berat pada saat diinjak. 


4.    Buka Kaca Jendela Saat Berkendara
Anda bisa mengecek ac tapi bukan berarti sepanjang test drive Anda harus menyalakan ac. Sesekali bukalah jendela kaca mobil untuk mengetahui apakah muncul bunyi kasar atau aneh dari bagian mesin. 


Bunyi ini hanya akan Anda ketahui jika membuka kaca jendela. Khususnya pada saat sedang berakselerasi dan juga melewati jalanan yang tidak rata. Suara mobil seharusnya baru halus dan juga tidak ada getaran yang terlalu keras. 


5.    Mengecek Semua Fitur yang Disediakan
Setiap mobil memiliki fitur berbeda, sebelumnya Anda tentu mendapatkan informasi mengenai fitur-fitur ini. Cobalah langsung mengecek fungsi dari fitur-fitur ini apakah benar sesuai dengan yang ditawarkan. 


Misalnya saja fitur lampu jauh dan dekat, fitur touch screen, ac termasuk fitur keamanan seperti rem ABS atau EBD. Anda bisa menanyakan juga kepada sales, fitur apalagi yang belum dicoba karena hal ini sangat penting. 


6.    Mencoba Duduk di Belakang Kemudi
Test drive bukan hanya mencoba ketika Anda menjadi pengemudi. Cobalah untuk duduk sebagai penumpang baik itu di baris depan maupun belakang. Apalagi jika Anda tidak sempat test bersama dengan teman atau keluarga. 


Kenyamanan keluarga adalah yang terpenting jika Anda membeli mobil keluarga. Anda bisa mengecek tingkat kenyamanan tempat duduk sampai dengan jarak panjang. Posisikan diri senyaman mungkin maka Anda akan tahu apakah mobil tersebut tepat untuk dipilih. 


Perhatikan keenam hal ini ketika Anda ingin test drive mobil Suzuki. Lebih baik lagi jika Anda menguji mobil tidak sendiri, bisa bersama dengan teman atau keluarga. Jika perlu bawa teman yang mahir soal otomotif.