Jumat, Maret 18, 2022

Car Ownership Program: Mengenal Fasilitas Impian Karyawan

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Car Ownership Program: Mengenal Fasilitas Impian Karyawan".

Dalam bekerja, tentu terdapat fasilitas dan benefit yang diberikan kepada karyawan. Contohnya seperti tunjangan kesehatan, bonus, liburan, hingga program kepemilikan kendaraan atau biasa disebut dengan car ownership program (COP).

 

Car Ownership Program: Mengenal Fasilitas Impian Karyawan

https://pixabay.com/photos/dog-puppy-pet-cute-doggy-animal-6680642/

 

Pengertian Car Ownership Program (COP)

Car ownership program adalah sebuah program kepemilikan kendaraan berupa mobil bagi karyawan. Biasanya karyawan hanya membayar sebesar 30% dari harga asli mobil baru tersebut. Namun, besaran biaya subsidi dari perusahaan ini ditentukan berdasarkan kemampuan dan kebijakan perusahaan.


Program ini biasanya diberikan kepada karyawan yang telah mencapai level atau tingkat keahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Misalnya saja karyawan tetap atau setingkat Manager. Sehingga perusahaan memberikan achievement berupa kepemilikan kendaraan.


Selain sebagai bentuk penghargaan, program ini juga punya tujuan agar karyawan tetap betah dan nyaman di perusahaan tersebut. Sehingga tidak akan pindah ke perusahaan lain. 


Perusahaan yang memberikan fasilitas cop ini biasanya memberikan syarat berupa karyawan minimal bekerja selama 3 sampai 5 tahun. Lalu, dilanjutkan dengan program kepemilikan kendaraan yang berjalan kurang lebih selama 5 tahun. Sehingga paling tidak karyawan harus bekerja di perusahaan tersebut selama 8 sampai dengan 10 tahun.


5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil Car  Ownership Program

Car Ownership Program: Mengenal Fasilitas Impian Karyawan

https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-tangan-makro-kunci-97079/


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa fasilitas ini memiliki keuntungan yang sepadan. Yakni karyawan hanya membayar beberapa persen saja untuk mendapatkan kendaraan baru setelah bekerja selama 3 - 5 tahun atau telah menjadi karyawan tetap. Sehingga tentu banyak yang ingin mengambil kesempatan itu.


Namun, sebelum mengambil program ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan lebih detail berikut ini.


A. Syarat Pengajuan COP

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa perusahaan memberlakukan persyaratan tertentu agar bisa mengajukan fasilitas COP ini. Beberapa syarat umum yang berlaku, yaitu:

  1. Lamanya waktu bekerja karyawan. Contohnya minimal 3 sampai 5 tahun bekerja.
  2. Ada nilai minimal yang harus dicapai karyawan dalam penilaian performa kerja selama jangka waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan.
  3. Terdapat minimal level jabatan karyawan yang bisa mengajukan COP ini. Contohnya jabatan supervisor dan manager.

 

B. Sistem Kepemilikan dan Besaran Subsidi yang Diberikan

Ada 3 sistem utama yang biasanya digunakan perusahaan dalam car ownership program ini, yaitu:

  1. Perusahaan membeli mobil secara tunai, lalu diberikan kepada karyawan melalui beberapa prosedur. Misalnya saja berupa mobil dinas yang bisa dikembalikan pada kondisi tertentu. Namun, ada juga mobil dinas yang bisa berganti menjadi hak milik karyawan.
  2. Yang kedua berupa sistem leasing atau sewa guna usaha.
  3. Terakhir, perusahaan memberikan uang tunjangan bersamaan dengan gaji karyawan. Kemudian, karyawan bisa menggunakannya membeli mobil seharga plafon yang diberikan. Sedangkan uang tunjangan bisa digunakan sebagai cicilan. Perlu diketahui, bahwa semakin tinggi jabatan karyawan, maka semakin besar tunjangan dan plafon yang diberikan.

Dari ketiga peraturan di atas, peraturan kedua dan ketiga memiliki persentase subsidi sesuai peraturan perusahaan. Contohnya 70% perusahaan dan 30% karyawan. Namun, ada juga yang membaginya 50% perusahaan dan 50% karyawan. Bahkan, ada juga yang mencapai 100% ditanggung perusahaan.


C. Nama Kepemilikan Kendaraan

Ada 2 jenis kepemilikan pada program ini.

  1. Yang pertama nama kendaraan masih milik perusahaan dan akan berganti menjadi milik pribadi setelah program COP berakhir. Untuk biaya balik nama akan didiskusikan oleh pihak yang bersangkutan.
  2. Nama sudah menjadi milik pribadi karyawan, tetapi BPKB akan ditahan oleh perusahaan hingga periode COP berakhir sesuai dengan kesepakatan.

 

4.    Jangka Waktu Program

Untuk jangka waktu program yang diberikan ini tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Misalnya saja minimal karyawan bekerja selama 3 tahun dan ditambah 5 tahun program kepemilikan kendaraan. Totalnya menjadi 8 tahun.


Namun, ada juga yang membutuhkan minimal jangka waktu bekerja 5 tahun dan ditambah 5 tahun program kepemilikan kendaraan. Sehingga totalnya bisa mencapai 10 tahun. 


5.    Kondisi Tertentu yang Mungkin Terjadi Selama Program Berlangsung

Selama dalam COP, akan ada beberapa biaya pemeliharaan mobil. Maka dari itu akan ada peraturan dan prosedur dari perusahaan mengenai pembiayaan kendaraan tersebut.


Biasanya akan terjadi pembicaraan antara perusahaan dan karyawan. Misalnya saja biaya pemeliharaan kendaraan yang dibagi dua atau full dibiayai oleh perusahaan. Namun, ada juga kondisi biaya ini menjadi tanggungan full karyawan. Sehingga perusahaan hanya membayarkan biaya utama pembelian mobil.


Kemudian, ada juga keadaan ketika karyawan membeli mobil dengan harga di bawah atau di atas plafon yang sudah diberikan. Sehingga perusahaan juga perlu mengatur prosedur terkait.


Lalu, bagi karyawan yang mengundurkan diri atau terkena PHK atau bisa juga mengalami promosi, memiliki prosedur lain. Contohnya saja karyawan yang mengundurkan diri. Mereka harus membayar biaya yang telah disubsidi oleh perusahaan. Sehingga mobil bisa menjadi milik pribadi karyawan.


Atau, bisa juga dengan perusahaan mengganti biaya yang dikeluarkan oleh karyawan. Sehingga mobil tersebut bisa menjadi milik perusahaan.


Dari kelima poin penting car ownership program ini, perusahaan biasanya akan bekerja sama dengan pihak ketiga. Contohnya saja Maybank Finance. 


Maybank merupakan salah satu layanan perbankan di Indonesia yang menyediakan beberapa program pembiayaan. Contohnya saja program kepemilikan kendaraan untuk karyawan ini.


Dengan adanya layanan pinjaman dari Maybank Finance ini, perusahaan maupun karyawan tidak perlu khawatir dengan biaya yang dikeluarkan. Anda bisa mencicilnya dengan mudah dan bunga yang rendah. 


Selain itu, Anda bisa dengan mudah mengajukan pinjaman untuk program kepemilikan kendaraan ini sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Untuk info lebih lengkapnya, Anda bisa langsung ke website official Maybank Finance di Maybankfinance.co.id.


Sumber:
http://automotivefox.blogspot.com/2014/08/car-ownership-program-cop.html
https://prezi.com/lskidjhcyilx/car-ownership-program/#:~:text=COP%20(Car%20Ownership%20Program)%20adalah,dari%20harga%20aktual%20mobil%20baru.
https://qmfinancial.com/2019/03/fasilitas-car-ownership-program/
https://digihr.net/4-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-menyediakan-fasilitas-car-ownership-program-cop/