Senin, Januari 18, 2021

Mengenal Lebih Dalam Tentang Human Capital di Perusahaan

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Mengenal Lebih Dalam Tentang Human Capital di Perusahaan".

Sumber daya manusia atau human resource merupakan aspek yang sangat penting dalam keberlangsungan sebuah perusahaan. Manusia memiliki peran yang tidak boleh disepelekan dalam menunjang operasional sebuah bisnis. Namun sayangnya tidak semua perusahaan memahami bagaimana pentingnya peran human capital tersebut. Karena hal inilah banyak perusahaan bisnis yang sering mengganti pekerja yang ada di dalamnya.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Human Capital di Perusahaan

Karena perkembangan ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang semakin menanjak seperti sekarang, banyak perusahaan yang menyadari bahwa sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting untuk kemajuan perusahaan. Sumber daya manusia lebih dihargai dan tidak dipandang sebelah mata, dan inilah yang disebut sebagai human capital.


Lalu, Apa itu Human Capital?

Human capital adalah perangkat pengetahuan, keterampilan, keahlian, dan juga kreativitas yang diciptakan dalam kemampuan kerja seseorang dan bisa digunakan untuk menghasilkan ahli profesional dan memiliki nilai ekonomi. Jadi human capital itu digunakan sebagai sumber daya yang lebih mengutamakan pada peningkatan pengembangan dan pengelolaan kemampuan manusia sebagai sumber daya yang nantinya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mampu mengembangkan perusahaan.


Human capital akan menempatkan sumber daya manusia pada derajat atau level yang lebih tinggi dari manusia lainnya karena memiliki keterampilan dan pengetahuan yang yang bermanfaat untuk perusahaan. Jadi, apa itu human capital secara ringkas? Secara ringkas human capital adalah sekelompok orang yang bekerja di suatu perusahaan atau orang-orang yang telah memenuhi syarat untuk bekerja di suatu perusahaan karena telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih.


Setelah mengetahui apa itu human capital, sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja jenis-jenis dari human capital ini.


Jenis-Jenis Human Capital

Human capital bisa dikembangkan menjadi beberapa jenis yang akan kami bahas berikut. Yuk simak informasinya dibawah ini.


1. General Management Human Capital

Jenis human capital yang pertama ini dikhususkan untuk megembangkan sumber daya manusia di level manajemen yang tinggi atau eksekutif yang meliputi kompetensi kepemimpinan, manajerial, kemampuan untuk mengambil keputusan, dan keahlian fungsional.


2. Strategic Human Capital

Jenis yang satu ini merupakan sebuah jenis modal manusia yang meliputi keahlian serta keterampilan strategis yang didapatkan dari suatu pengalaman dalam menghadapi situasi dan kondisi tertentu. Jadi secara garis besar, strategic human capital ini sangat dibutuhkan untuk adaptasi dengan perubahan pada kondisi yang baru.


3. Industry Human Capital

Jenis yang ketiga ini adalah industry human capital yang merupakan sebuah konsep atau kumpulan pengetahuan yang berkaitan dengan industri. Kaitannya bisa berupa teknis, regulasi, hingga supplier yang termasuk ke dalam jenis industry human capital. 


4. Relationship Human Capital

Relationship human capital ini adalah seperangkat kecerdasan dalam berkomunikasi yang menunjukan kemampuan sumber daya manusia dalam menjalin komunikasi dan juga berinteraksi dengan orang lain baik itu dalam tim maupun di luar tim perusahaan.


5. Company Specific Human Capital

Jenis yang terakhir ini adalah sebuah kemampuan yang dimana setiap sumber daya manusia mampu untuk dituntut beradaptasi dengan semua ketentuan internal perusahaan. Jadi, sumber daya manusia harus mengenal lebih dalam dan menyetujui semua kebijakan perusahaan sesuai dengan visi dan misinya,


Nah, itulah beberapa informasi mengenai human capital. Jadi pada prinsipnya human capital sangat penting bagi sebuah perusahaan. Bagaimana menurut Anda?