Senin, Januari 18, 2021

Alasan Kamu Bisa Gagal Menjadi Relationship Officer yang Qualified di Bank

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Alasan Kamu Bisa Gagal Menjadi Relationship Officer yang Qualified di Bank".

 Baru saja diterima sebagai relationship officer di sebuah bank lantas bukan berarti kamu bisa bersantai-santai ria. Masih banyak tugas menanti dan banyak pengalaman yang bisa diraih. Tapi jika kamu bermalas-malasan tentu kegagalan ada di depan mata. Bagaimana agar tidak gagal dalam posisi ini? 


Kamu harus tahu apa saja penyebab gagalnya seorang relationship officer yang bekerja di bank. Apalagi jika kamu adalah lulusan baru belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Kenali bagaimana tugas dan tanggung jawabnya dan hindari masalah yang akan membuat kamu menjadi gagal. 

Alasan Kamu Bisa Gagal Menjadi Relationship Officer yang Qualified di Bank

Penyebab Gagalnya Menjadi Relationship Officer 

Relationship officer adalah staf yang bekerja untuk mencari calon debitur dan posisi ini akan masuk ke divisi marketing. Siapa itu debitur? Semua orang yang membutuhkan pinjaman modal untuk usaha, investasi atau kebutuhan lain. Contohnya saja relationship officer BCA yang mencari debitur yang ingin mencicil rumah, apartemen atau kendaraan. 


Ada banyak suka duka menjadi relationship officer yang nantinya akan membangun personal berprestasi. Tapi ada juga yang akhirnya gagal dalam program relationship officer BCA karena beberapa sebab. Apa saja yang akan membuat kamu gagal bekerja di bidang ini? Yuk simak beberapa jenis penyebabnya berikut ini. 


1. Mudah sakit hati ketika ditolak nasabah

Kegagalan yang paling sering dialami oleh relationship officer adalah ditolak oleh nasabah atau calon debitur. Memang tidak mudah untuk menawarkan pinjaman bank kepada orang lain yang mungkin belum mengenal programnya atau sudah underestimate duluan. 


Disinilah mental diuji, jika kamu mudah sakit hati akan sulit untuk mencari cara agar berhasil. Dengan begitu kamu tidak akan belajar bagaimana cara menghadapi orang baru dan menawarkan produk. Padahal kalau kamu gigi sebagai relationship officer sudah pasti akan banyak nasabah yang tertarik. 


2. Tidak paham produk dan malas bertanya

Satu lagi alasan gagal menjadi relationship officer BCA yang sering dialami adalah ketika kamu ‘’malu bertanya maka sesat di jalan’’. Pemahaman produk adalah nomor satu karena itulah yang akan kamu tawarkan kepada nasabah. Tapi bagaimana kamu mau menawarkan kalau produk saja tidak paham. Menjadi relationship officer itu harus supel dan tidak malu. 


3. Tidak memperluas relasi

Berada di divisi marketing membutuhkan relasi yang luas termasuk ketika ikut program relationship officer BCA. Bagaimana kamu bisa mendapatkan banyak nasabah jika tidak memperluas jaringan? Tugas yang kamu miliki bukan sekedar memperbaharui kontrak nasabah lama tetapi juga mencari nasabah baru. 


Kamu akan berhasil jika mudah bergaul dan mau belajar trik agar relasi semakin luas. Untuk itu pantang menyerah menjadi moto yang harus ditanamkan. Nantinya kamu jadi mudah mengetahui karakter orang dan bagaimana pendekatan yang harus dilakukan. 


Apakah kamu tertarik bekerja sebagai relationship officer? Pupuklah diri lebih percaya diri dan pantang menyerah sehingga bisa berhasil.