Senin, Desember 23

5 Langkah Persiapan Kuliah S2 di Jerman yang Wajib Dipersiapkan

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "5 Langkah Persiapan Kuliah S2 di Jerman yang Wajib Dipersiapkan".

Kuliah S2 di Jerman - Jerman merupakan negara dengan sistem pendidikan yang sangat disegani di dunia internasional. Institusi pendidikan tinggi seperti universitas menawarkan berbagai macam fasilitas khususnya untuk riset. Macam-macam jurusan dapat dipilih sesuai dengan passion. Satu hal lagi yang menarik minat banyak orang untuk kuliah di Jerman adalah biaya yang gratis. 

Siapa saja yang diterima di universitas negeri Jerman bebas biaya kuliah hingga lulus. Kuliah gratis ini bisa didapatkan dari jenjang sarjana, master hingga Phd. Bagi kamu yang ingin meneruskan untuk kuliah S2 sebaiknya pertimbangkan Jerman untuk melanjutkan studi. Apa yang perlu dipersiapkan untuk bisa melanjutkan master di Jerman? 

5 Langkah Persiapan Kuliah S2 di Jerman yang Wajib Dipersiapkan
Humboldt Universit├Ąt zu Berlin

Langkah-Langkah Persiapan untuk Kuliah Master di Jerman

Ketertarikan banyak orang untuk kuliah di Jerman bukan sekedar alasan kuliah gratis saja. Namun suasana belajar yang dibangun dan juga lingkungan kampus yang nyaman menjadi prioritas. Banyak sekali tempat unik yang bisa dikunjungi di kala liburan. Kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke negeri uni Eropa pun sangat tinggi. 

Tertarik untuk ke Jerman melanjutkan kuliah S2? Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam persiapannya. Apa saja itu? Berikut ini langkah-langkahnya. 

1. Mempersiapkan biaya hidup 
Walaupun mendapatkan keringanan biaya kuliah namun untuk biaya hidup selama kuliah di Jerman akan ditanggung sendiri. Setiap mahasiswa juga perlu membayar biaya administrasi per semesternya. Biaya administrasi ini digunakan untuk buku, potongan biaya transportasi umum, hingga kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa. 

Jumlahnya tidak banyak sekitar 40 hingga 500 euro per semesternya. Sisanya kamu hanya perlu memperhatikan biaya sewa apartemen, makan dan juga transportasi untuk berlibur. 

2. Mencari informasi tentang kualifikasi yang dibutuhkan 
Jangan lupa untuk mencari informasi yang lengkap mengenai kualifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar. Semua dokumen harus dipersiapkan sebelum pendaftaran dimulai. 

Catat tanggal terakhir pengumpulan berkas bagaimana caranya dan cek kembali semua dokumen sebelum dikumpulkan. Pastikan jurusan, universitas yang didaftar sesuai dengan keinginan atau sesuai dengan pendidikan sebelumnya. Mendaftar pada jurusan dengan ilmu yang sama akan memperbesar kemungkinan diterima. 

3. Mencari beasiswa 
Jika kamu mendapatkan kesulitan dalam hal biaya maka sudah saatnya untuk mencari beasiswa. Ada beberapa macam beasiswa yang bisa dipilih, pertama adalah beasiswa DAAD yang merupakan beasiswa umum untuk semua jurusan. 

Kedua carilah beasiswa khusus sesuai dengan bidang yang kamu tekuni. Terakhir adalah mencari beasiswa dari universitas jika ada. Setidaknya beasiswa dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama tinggal di Jerman. 

4. Menguasai bahasa Inggris atau Jerman 
Kemampuan bahasa adalah sebuah keharusan yang dimiliki. Tanpa kemampuan ini kamu tidak akan diterima. Jika kamu menguasai bahasa Inggris biasanya jurusan yang dibuka terbatas dan kamu hanya bisa mengikuti kelas bahasa Inggris. 

Untuk kelas ini kamu harus memiliki standar tes dari TOEFL atau IELTS. Sedangkan untuk bahasa Jerman jurusan yang dipilih akan lebih luas. Kemampuan ini akan diukur melalui TestDaF atau standar tes yang dianjurkan oleh universitas. 

5. Membuat visa pelajar tepat waktu 
Seringkali masalah visa menjadi gangguan terbesar untuk bisa berangkat tepat waktu. Oleh karena itu setelah mendapatkan surat penerimaan sebaiknya segera urus visa. Pengurusan bisa berlangsung dua hingga tiga bulan. 

Bisa dibilang waktu yang sangat sempit sebelum akhirnya kamu berangkat ke Jerman. Siapkan dokumen pembuatan visa sehingga pendaftaran pembuatannya bisa lebih cepat. Hindari kesalahan membuat visa sehingga tidak akan mengulur waktu.