Senin, Desember 9

Mengenal fitur Dark Mode pada Instagram dan cara menerapkannya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Mengenal fitur Dark Mode pada Instagram dan cara menerapkannya".

Berwarna, terkonsep dan eye-catching. Tampilan keren dan memukau mata itu terlihat di salah satu feed Instagram milik jasa layanan on-demand di Jakarta Halo Jasa. Feed yang eye-catching tersebut terlihat semakin menarik saat Dark Mode diaktifkan. Tapi tunggu dulu, kita bukan ingin membahas mengenai feed. Tapi membahas mengenai dark mode itu sendiri.

Setelah diakuisisi oleh Facebook, Instagram mengalami beragam perubahan mendasar. Di antaranya dari tampilan, algoritma, hingga focus terhadap manajemen yang berubah. baru-baru ini, Instagram memperkenalkan fitur dark mode terbaru tersebut. Dark Mode adalah tampilan yang serba gelap di mata, sehingga terlihat sangat ramah di mata.

Keuntungan menggunakan dark mode ialah menghemat daya baterai terutama jika perangkat menggunakan layar OLED atau AMOLED.  Dengan memancarkan warna gelap dibandingkan tampilan cerah, diklaim dapat menghemat baterai bagi layar OLED, bukan LCD. Hal ini dikarenakan di dalam layar OLED, setiap pixel menyala untuk membuat gambar, sehingga saat dark mode diaktifkan, maka pixel yang tidak diperlukan akan segera non-aktif.


Dampak positif untuk kesehatan juga dirasakan seperti para pengidap Photophobia, di mana kondisi yang membuat orang sangat peka terhadap cahaya. Dark mode pun dianggap dapat membantu mereka yang menderita migren, menurunkan ketegangan mata, hingga membuat tidur lebih baik.

Meski begitu, Dark mode memiliki kelemahan yaitu membuat mata mudah lelah karena dalam cahaya yang terang, teks jadi terlihat lebih pudar. Lalu bagi orang yang mengidap buta warna tertentu, mungkin akan terasa lebih sulit membaca saat menggunakan dark mode diaktifkan karena dominasi warna hitam.


Cara mengaktifkan drak mode di iPhone

  1. Sobat perlu mengaktifkan iOS 13 terlebih dahulu. Untuk mengunduh iOS 13, silahkan Sobat ke Tab setting > General > Software update.
  2. Setelah Sobat memiliki iOS 13, pilih display > dark mode.
  3. Jika drak mode belum tampil, silahkan update Instagram Sobat sudah diaktifkan ke versi paling baru.
  4. Selamat mencoba

Cara mengaktifkan drak mode di  Ponsel Android

  1. Untuk mendapatkan dark mode di Android. Masuk ke Setting > Display > Night mode > on.
  2. Selamat mencoba

Tapi tidak hanya bagi Instagram, ternyata Whatsapp pun akan segera mendukung versi dark mode nanti. Namun saat ini, versi penuh dari WhatsApp sedang dalam proses BETA dan akan segera dapat dinikmati sepenuhnya.

Nah dengan keunggulan dan kelemahan dari Dark Mode, mode manakah yang layak bagi Sobat ? you choose then.