Sabtu, Januari 18

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Kelistrikan

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Masalah Yang Sering Terjadi Pada Kelistrikan".

Gangguan pada jaringan listrik atau sering disebut gangguan listrik sering terjadi dan tidak terdeteksi secara kasat mata, permasalahan jalur tenaga listrik tersebut diantaranya banyak gangguan seperti fluktuasi tegangan atau bahkan terputusnya tenaga listrik. Langkah penanganannya pun tidak mudah. Berikut uraian permasalahan dan solusinya.

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Kelistrikan

Sumber tenaga listrik saat ini merupakan kebutuhan yang cukup mendasar di bidang industri dan elektronika. Kebutuhan listrik semakin lama semakin meningkat sejalan dengan perkembangan teknologi elektronika dan informasi.

Dalam pendistribusian tenaga listrik menggunakan jaringan listrik yang cukup panjang, mulai dari pembangkit listrik, gardu-gardu listrik sampai ke industri atau ke perumahan. Dalam pentransmisian tenaga listrik itu terdapat banyak gangguan yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan peralatan listrik konsumen.

Gangguan-gangguan tersebut berupa noise pada jaringan dan tegangan transien. Permasalahan ini dapat menyebabkan gangguan yang cukup berarti pada peralatan listrik. Pada umumnya peralatan komersial mempunyai batas-batas spesifikasi untuk variasi tegangan, variasi frekuensi dan distorsi harmonisa.

Sumber-sumber gangguan listrik seperti tegangan transien sering terjadi namun tidak dapat dirasakan secara langsung. Gangguan ini akan dirasakan setelah sekian lama terjadi. Efeknya adalah kerusakan pada peralatan listrik.

Tegangan transien ini biasanya dihasilkan oleh instalansi-instalansi yang menggunakan peralatan listrik besar seperti rumah sakit, pabrik-pabrik,motor listrik pada elevator dan lain sebagainya.

Selain gangguan di atas gangguan listrik lain yang sering terjadi dan dapat diamati adalah berkedipnya lampu penerangan. Hal ini menandakan terjadinya fluktuasi tegangan listrik.

Walaupun gangguan listrik seperti ini biasanya terjadi dalam beberapa milidetik saja tetapi permasalahan gangguan seperti ini kalau tidak ditangani dengan serius dapat juga menyebabkan kerusakan pada peraltan listrik konsumen seperti televisi bahkan komputer.

Terhadap permasalahan-permasalahan di atas sebagai pengguna tenaga listrik tidak dapat berbuat apapun untuk menanganinya dan hanya ‘yakin’ kepada instansi yang terkait bahwa tenaga listrik yang dihasilkan merupakan tegangan listrik yang stabil, tidak terdapat noise, dengan frekuensi yang tepat pula.

Saat ini untuk keperluan berbagai kebutuhan dan permasalahan ketenaga listrikan kita dapat menggunakan konsultan yang kompeten dibidangnya. Perusahaan konsultan kelistrikan yang kini telah banyak tersedia namun selalu gunakan perusahaan konsultan kelistrikan di sewatama agar kebutuhan ketenaga listikan dapat menemukan solusi yang tepat.