Kamis, Juni 13

Membuat 2 kolom dan garis tengah untuk text latin dan arab + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Membuat 2 kolom dan garis tengah untuk text latin dan arab + video".

Tutorial microsoft word - www.tutorial89.com | secara default ketika kita mengetik sebuah tulisan di Microsoft word, kita hanya menjumpai satu kolom saja. Seberapa lebarnya pun lembar kerja yang kita gunakan. Baik dalam posisi portrait maupun landscape.

Padahal, ketika kita membaca sebuah kalimat dalam baris yang terlalu panjang, mata kita akan cepat lelah. Karena kita harus membaca bergeser kekiri dan kekanan, untuk menjangkau seluruh kalimat yang panjang itu.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi kalimat terlalu panjang, kita bisa menggunakan teknik pembagian kolom. Artinya, dalam satu lembar kertas itu kita membaginya kedalam bebrapa kolom. Sehingga mata kita bisa menjangkau seluruh tulisan tanpa perlu geser kiri dan geser kanan.

Membuat 2 kolom dan garis tengah untuk text latin dan arab + video

Teknin pembagian kolom ini sering kita jumpai saat kita membaca koran. Atau majalah. Coba sobat bayangkan, bagaimana jadinya jika dalam satu lembar koran hanya memiliki satu kolom saja. Tetnu akan sangat merepotkan para pembacanya bukan. Selain itu akan boros tempat satau space untuk setiap paragraph yang pendek.

Dan ternyata membuat 2 kolom atau lebih itu, bisa kita lakukan juga di dalam Microsoft word. Dengan sedikit trik yang sudah disediakan oleh microsfot word, kita bisa mensetting paglayout buku seperti layaknya sebuah koran atau majalah. Tertarik untuk membuatnya? Mari kita belajar bersama tutorial89.com

Cara membuat 2 kolom untuk text latin dan arab

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah membuka sebuah document Microsoft word yang akan diberi dua kolom atau lebih.
  2. Setelah document word terbuka, silahkan langsung klik page layout > Columns > more columns Membuat 2 kolom dan garis tengah untuk text latin dan arab + video
  3. Kemudian silahkan atur berapa kolom yang sobat inginkan. Misalnya 2 pada kotak number of columns. Nah, untuk memberikan garis pembatas, silahkan centang pada kotak line between. Jika sobat menggunakan texs Bahasa arab silahkan centang pada kotak right to left. Agar kolom dimulai dari kanan ke kiri. Sedangkan untuk text latin jangan dicentang. Membuat 2 kolom dan garis tengah untuk text latin dan arab + video

Sampai disini sobat sudah sukses membuat dua kolom atau lebih pada sebuah document Microsoft word. Baik kolom untuk tulisan latin yang dimilai dari kiri kekanan, maupun 2 kolom untuk tulisan arab yang dimulai dari kanan kekiri. Selamat mempraktekan dan semoga sukses.

Jika masih kurang jelas, silahkan luangkan waktu sejenak untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Semoga bermanfaat.