Sabtu, Desember 8

Video Kursus Microsoft word online part4 (table, menggabukan, menghapus, menambah, desain)

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Video Kursus Microsoft word online part4 (table, menggabukan, menghapus, menambah, desain)".

Kursus microsoft word | Setelah kita belajar berbagai cara memasukan hal-hal unik ke dalam microsofft word seperti memasukan wordart, image atau photo, shape dan diagram di Kursus microsfot word pertemuan ke-3 kemaren, sekarang kita kembali akan melanjutkan pelajaran kita tentang Microsoft word.

Nah di kursus computer Microsoft word pertemuan ke-4 ini kita akan membahas tuntas tentang table. Apa saja yang bisa kita kupas pada pertemuan ke empat ini. Yuk langsung ceki dot.

Video Kursus Microsoft word online part3 (wordArt, image, shape, diagram)

1. Membuat table di Microsoft word

Membuat table di Microsoft word sangat sering kita butuhkan. Karena itulah kita harus bisa bagaimana cara membuat table dalam document Microsoft word. jangan sampai ketika sobat dapat tugas membuat document yang ada tablenya, sobat malah membuatnya manual dengan menggunakan penggaris. Kan lucu.

2. Menggabungkan kolom dan baris dalam table di Microsoft word

Setelah kita sukses membuat table di document Microsoft word, saatnya kita belajar bagaimana cara menggabungkan kolom atau baris dalam sebuah table.

Apasih maksudnya menggabungkan kolom dan baris itu? Iya menggabungkan kolom atau baris itu adalah ketika kita ingin menggabungkan beberapa baris atau kolom, maka gunakanlah cara ini. Biasanya kita mengunakan untuk menggabungkan bagian header yang dibawahnya terdapat beberapa kolom dan baris. Jadi teknik menggabungkan kolom dan baris ini sangat diperlukan dalam pengolahan table di Microsoft word.

3. Menghapus kolom dan baris dalam table Microsoft word

Kalau pelajaran kedua di atas kita belajar menggabungkan kolom dan baris, di pelajaran ke-3 ini kita akan belajar bagaimana cara menghapus kolom dan baris.

Yang perlu dicatat adalah, menghapus kolom dan baris itu berbeda dengan menghapus tulisan yanggg ada dalam kolom dan baris tersebut. Jika kita menghapus kolom dan baris dalam sebuah table, maka secara otomatis tulisannya juga ikut terhapus. Akan tetapi jika kita hapus tulisannya, kolom dan baris tetep masih ada.

Maka dari itu yuk fahami betul teknik ini. Jangan sampe ketuker menghapusnya ya.

4. Menambahkan kolom dan baris dalam table di Microsoft word

Nah, pelajaran keempat ini adalah kebalikan dari pelajaran ketiga di atas. Jika diatas menghapus kolom atau baris dalam sebuah table, di pelajaran keempat ini kita akan belajar bagaimana cara menambahkan kolom dan baris dalam sebuah table.

Misalnya, kita ingin telah membuat table dengan 4 colom dan 5 baris. Akan tetapi setelah kita mengisi kolom-kolom itu ternyata kita kekurangan kolom atau baris. Disaat itulah teknik menambahkan kolom dan baris ini bisa kita manfaatkan. Jadi kita tidak perlu membuat atau menghapus tapbel yang sudah jadi. Cukup ditambahkan saja kekurangan kolom atau barisnya. Masalahpun selesai diatasi.

5. Mendesain table Microsoft word

Setelah kita lihai membuat table beserta pengaturan tambahannya, sepertinya kurang lengkap jika tampilan table yang kita buat begitu-begitu aja. Sehingga kurang sedap dipandang.

Untuk itulah pelajaran kelima ini dibuat. Agar setelah kita berhasil membuat table di Microsoft word kita bisa mempercatik table itu dengan desain yang keren dan memukau.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendesai table yang kita buat. Diantaranya kita bisa mengatur warna table dan tulisannya, mengganti ketebalan garis table, mengatur posisi tulisan dan masih banyak lagi. Bahkan Microsoft sendiri sudah menyediakan desain table yang bisa kita langsung pilih. Tertarik yak kita belajar mendesain table agar lebih kece membahana.

Semua itu bisa sobat saksikan dan dapatkan pelajarannya di video di bawah   ini. Semuanya gratis tanpa dipungut biaya apapun. Tapi kalau mau ngasih donasi kami tetep kerima kok. Heheheee…