Sabtu, Desember 29, 2018

Video Kursus Microsoft word online part10 (No halaman beda format, kiri kanan, perjudul)

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Video Kursus Microsoft word online part10 (No halaman beda format, kiri kanan, perjudul)".

Kursus microsoft word | Membuat daftar isi buku di Microsoft word mungkin bagi sebagian orang adalah sesuatu yang sulit dan ribet. Tapi tidak lagi bagi sobat yang sudah mengikuti kursus computer Microsoft word pertemuan ke-9 kemarin. Karena dipertemuan kemarin kita telah selesai membahas tuntas bagaiaman mudahnya membuat daftar isi secara otomatis hanya dengan beberapa ketikan saja. Kerjanya lebih cepat dan hasilnya lebih rapih lengkap dengan titik-titik yang biasa ada di daftar isi sebuah buku atau makalah.

Mungkin sobat masih ingat dengan pelajaran membuat nomor halaman otomatis di kursus microsoft word pertemuan ke-8. Disitu kita sudah pernah mempelajari bagaimana mudahnya membuat nomor halaman secara otomatis di setiap halaman.

Nah, memasuki kursus computer Microsoft word pertemuan ke-10 ini kita akan mulai membahas penomoran halaman yang lebih kompleks. Artinya nomor halaman yang kita buat nanti hasilnya tidak setandar lagi, tapi ada banyak macamnya. Dan apa sajakah yang akan pelajarai di pertemuan kesepuluh ini. Mari kita bahas satu persatu.

https://www.tutorial89.com/2014/10/cara-membuat-nomor-halaman-berbeda-di-word.html

1. Membuat nomor halaman berbeda format dalam satu file Microsoft word

Sobat pasti pernah dong membaca buku? Nah, biasanya ketika membuka sebuah buku, halaman daftar isi, kata pengantar, mukodimah dan lain sebagainya itu menggunakan nomor halaman dengan format angka romawi. Sedangkan ketika memasuki bab 1, format nomor halaman akan berubah menjadi nomor latin biasa.

Apakah mereka membuatnya dengan berbeda file document? Tentu saja tidak, kita bisa membuat nomor halaman dengan berbagai macam format dalam satu file document microsfot word. mungkin sobat bingung, bagaimana bisa? Sekarang tak usah bingung lagi. Karena caranya akan saya paparkan dengan mudah dan gambalang, yang didukung dengan gambar step bay step plus video tutorial bernarasi Bahasa Indonesia.

2. Membuat nomor halaman diulang tiap BAB

Jika dipelajaran pertama di atas kita belajar bagaimana caranya membuat nomor halaman berbeda format dalam satu file Microsoft word, di pelajaran kedua ini kita akan belajar bagaiamana mudahnya membuat nomor halaman yang diulang setiap memasuki bab baru.

Salah satu buku yang pernah say abaca menggunakan format nomor halaman yang diulang setiap bab adalah buku terjemahan kitab sohih bukhori. Di buku tebal itu memiliki beberapa nomor satu yang diulang setiap babnya.

Nah, dengan teknik yang akan saya ajarkan ini, sobat juga bisa membuat buku dengan nomor halaman diulang tiap babnya. Tertarik? Silahkan dipelajari dan dipraktekan ya.

3. Membuat nomor halaman kiri kanan seperti buku

Nah, teknik pembuatan nomor halaman semacam ini sering kita jumpai di buku-buku. Biasanya mereka menggunakan nomor halaman ganjil berada disebelah kanan dan nomor halaman genap berada disebelah kiri. Hal ini dilakukan untuk mempermudah melihat nomor halaman.

Dengan pengaturan nomor halaman kiri kanan ini, maka nomor halaman akan selalu berada dibagian luar buku. Bukan berada ditengah-tengah. Sobat tertarik membuat nomor halaman kiri kanan sepertibuku-buku professional? Masi kita belajar bersama.

4. Membuat nomor halaman disertai judul bab

Teknik membuat nomor halaman yang disertai dengan judul bab ini adalah kelanjutan dari pelajaran kita yang ketiga diatas. Mengapa nomor halaman perlu diletakan di sebelah kiri kanan atau dibagian luar buku? ya karena agar kita bisa menambahkan beberapa tulisan disamping nomor halaman itu.

Salah satu tulisan yang umum diletakan di samping nomor halaman adalah judul bab masing-masing halaman yang kita baca. Hal ini dilakukan agar mempermudah para pembaca sedang membaca baba pa sekarang. Tanpa harus melihat halamana awal bab, tapi cukup melihat ke bagian atas halaman di samping nomor halaman. Maka para pembaca bisa langsung tahu.

Selain nama judul bab, tulisan yang sering ditempatkan di samping nomor halaman adalah taglen atau slogan dari buku itu. Atau kadang nama dari buku itu sendiri. Biasanya, nama buku berada di samping nomor halaman genap (sebelah kiri) sedangkan nama judul bab berada di samping nomor halaman ganjil (sebelah kakan).

Keempat pelajaran di atas bisa sobat saksikan dan pelajari di dalam video kursus computer Microsoft word berikut ini. Selamat menyimak dan mempelajarinya. Semoga bermanfaat.