3 Penyebab Yang Sering Terjadi Hamil Ektopik

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "3 Penyebab Yang Sering Terjadi Hamil Ektopik".


Masa kehamilan merupakan masa yang cukup ditunggu-tunggu oleh setiap wanita yang sudah menikah. Dimana pada masa ini merupakan masa seorang wanita akan menantikan buah hatinya lahir ke dunia. Namun pada saat kehamilan, terkadang terjadi musibah yang salah satunya adalah ektopik atau hamil diluar kandungan. Nah seperti apakah sebenarnya penyebab hamil di luar kandungan ini? Mari kita bahas lebih lanjut.

Ektopik atau hamil diluar kandungan merupakan hamil yang berbeda dengan hamil pada umumnya. Dimana jika pada umumnya hamil yaitu bisa dengan pembuahan secara normal, maka hamil ektopik ini merupakan hamil yang berbeda. Lalu apakah penyebab terjadinya hamil diluar kandungan?
3 Penyebab Yang Sering Terjadi Hamil Ektopik
Gambar ilustrasi

1. Kerusakan sel telur

Masa kehamilan merupakan masa dimana Anda sebagai ibu yang harus benar-benar memeriksakan keadaan kandunganmu setiap beberapa waktu sekali. Suatu masalah yang terjadi pada kehamilan salah satunya adalah hamil diluar kandungan atau ektopik. Salah satu yang mungkin menjadi penyebab terjadinya hamil diluar kandungan ini yaitu karena adanya kerusakan yang terdapat pada sel telur sehingga menyebabkan zigot tidak dapat berkembang di dalam rahim seorang ibu dengan sempurna.

2. Terjadinya kesalahan pada hormon

Salah satu penyebab kehamilan ektopik atau kehamilan diluar kandungan yaitu sebab adanya kesalahan pada salah satu hormon. Nah adapun hormon yang dimaksud disini merupakan hormon yang berperan penting di dalam suatu pembuahan. Nah sehingga hal inilah yang membuat proses pembuahan di dalam rahim tidak bisa berjalan normal dan sempurna. Dengan adanya ketidak sempurnaan ini maka akan menyebabkan terjadinya hamil diluar kandungan atau yang sering disebut ektopik.

3. Terjadinya kesalahan pada proses pelepasan sterilisasi

Proses sterilisasi merupakan proses yang biasanya dilakukan oleh wanita yang ingin menunda kehamilan dengan mengehentikan pembuahan pada sel telurnya. Proses ini pada umumnya dilakukan dengan jalan mengangkat tuba sehingga sperma pun tidak dapat bertemu dengan sel telur yang terdapat di dalalmnya. Nah setelah seseorang melakukan sterilisasi, jika ingin hamil kembali, maka haruslah melepas ikatan tersebut. Dan apabila pelepasan ikatan pada tuba ini tidak sempurna, maka akan mengakibatkan zigot hanya bisa menempel pada dinding rahim saja. Dan inilah yang menjadi penyebab hamil diluar kandungan.  

Itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan hamil ektopik. Jika anda mengalami hal seperti ini, saran saya adalah, tetaplah tenang, berdoa dan segeralah berkonsultasi pada dokter spesialis yang ahli dibidangnya. Jangan mengambil kesimpulan sendiri apalagi saling menyalahkan antara suami istri yang akan mengakibatkan masalah semakin besar. keep spirit...