Rabu, Agustus 15

7 Game Augmented Reality Terbaru

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "7 Game Augmented Reality Terbaru ".


Pada dasarnya teknologi augmented reality memang sudah sejak lama hadir pada perangkat dengan basis Android. Konsep ini telah hadir pada sejumlah game-game menarik yang bisa membawa para pemainnya merasakan sensasi dua dunia menjadi satu yaitu antara dunia nyata dengan dunia visual yang ada di ponsel Anda.

Masih ingatkah Anda dengan game bernama Pokemon Go? Ya, game tersebut merupakan salah satu game virtual reality yang telah berhasil menyedot perhatian banyak orang. Bahkan Pokemon Go juga pernah dilarang untuk dimainkan karena berakibat maut. Saking senangnya mencari Pokemon para pemain pun sampai rela mencarinya di berbagai tempat termasuk kadang pada tempat yang berbahaya.

Selain game Pokemon Go, ternyata masih banyak sekali game atau permainan yang menggunakan konsep augmented reality. Semua game tersebut sudah tersedia di Google PlayStore. Masih kurang puas dengan gameplay yang pernah Anda mainkan. Nah berikut ini adalah game berkonsep augmented reality lainnya yang bisa Anda coba!

7 Game Augmented Reality Terbaru
Gambar ilustrasi

1. Bee Ready

Bee Ready adalah game augmented reality pertama yang bisa Anda coba. Game ini didesain sangat sederhana, yang mana memanfaatkan kamera ponsel untuk memainkannya. Anda bertugas sebagai penembak. Bukan musuh yang ditembak, namun Anda harus menembak binatang lebah yang saat itu berada di sekitar Anda.

Ada berbagai jebakan di dalamnya, salah satunya adalah serangga kupu-kupu yang bentuknya mirip dengan lebih, yang mana serangga tersebut tidak boleh untuk ditembak. Di sini darah yang dimiliki harus selalu dipertahankan, bahkan Anda pun wajib untuk meraih skor paling tinggi. Kadang kala akan ada balon yang beterbangan dan harus Anda tembak agar bisa memperoleh sejumlah amunisi maupun darah tambahan.

2. Domino World

Tahukan Anda, Project Tango merupakan salah satunya proyek yang sedang dikembangkan oleh Google dengan konsep augmented reality. Dan proyek satu ini ternyata sudah hadir pada game augmented reality bermakna Domino World. Sama halnya dengan bermain domino, nantinya Anda pun akan bertugas untuk menyusun beberapa benda yang ada di sekitar lingkungan baik itu kursi ataupun meja.

Untuk merasakan sensasi yang berbeda Anda pun bisa menjatuhkan beberapa barang tersebut agar efek dari domino semakin terlihat. Namun sangat disayang game menarik satu ini cukup terbatas dan hanya bisa dimainkan oleh beberapa jenis smartphone saja seperti Asus seri Zenfone AR dan Lenovo seri Phab 2Pro.

3. Ingress

Ingress kini telah berhasil menjadi game augmented reality paling baik Android yang dikembangkan oleh Niantic. Sebelum hadirnya Pokemon Go, game ini ternyata mampu menarik perhatian dari para gamer. Game ini wajib Anda mainkan ketika berada di luar ruangan atau rumah.

Ingress bekerja dengan menunjukkan posisi portal berada. Anda bertugas untuk melakukan hack dan membangunnya untuk tim sendiri. Selain itu musuh yang ingin mencuri pun wajib untuk segera dilawan. Game ini adalah alternatif paling cocok bagi Anda yang kurang suka dengan game Pokemon Go.

4. SpecTrek

Bagi Anda yang suka dengan genre menakutkan atau horor maka gema augmented reality satu ini wajib untuk Anda coba. Masih dimiliki gameplay dan hampir sama dengan game Pokemon Go Anda diharuskan untuk berkeliling di sekitar lingkungan Anda untuk menangkap hantu yang sedang berkeliaran.

Tujuan utama dari game ini adalah menjadikan Anda mau bermain ke luar rumah dan berjalan menyusuri jalanan sekitar untuk mencari hantu. Untuk mendapatkan game SpecTrek mungkin memerlukan sedikit usaha karena tidak bisa diperoleh dengan gratis. Versi full-nya dibanderol dengan harga US$2,49 atau jika dihitung dengan uang Indonesia sekitar Rp. 30.000.

5. Toyota 86 AR

Toyota 86 AR adalah game augmented reality yang paling cocok bagi Anda pecinta game balap. Karena mengusung konsep augmented reality maka game ini pun dibungkus sebagai media promosi mobil pabrikan cukup ternama di dunia. Cara memainkannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mencetak marka yang telah ada di dalamnya.

Marka ini bisa Anda taruh di lantai ataupun meja. Hanya bermodalkan kamera ponsel saja, game Toyota 86 AR akan secara otomatis langsung mendeteksi marka agar bisa memunculkan mobil. Anda bisa melakukan drifting pada berbagai area yang Anda sukai.

6. Woorld

Selain Domino World, game augmented reality yang menggunakan konsep basis Google Project Tango lainnya adalah Woorld. Dalam game ini Anda bisa bermain untuk membangun berbagai pada ruangan.

Game ini mungkin cocok dimainkan untuk anak-anak, namun orang dewasa juga bisa untuk mencobanya. Tampilan grafis yang dihadirkan juga cukup lucu dan menarik. Meskipun akan sedikit menguras daya baterai ponsel Anda, game ini bisa dengan mudah didapatkan secara gratis.

7. Father.io

Father.io adalah game augmented reality lainnya yang bisa Anda mainkan. Bagi mereka yang mengaku para gamer dari First Person Shooter (FPS) tentunya tidak akan melewatkan game satu ini. Ya, Father.io mampu menawarkan sebuah pengalaman secara realistis ketika memainkan game FPS.

Dengan bantuan laser tag, game ini sudah mampu melakukan pengembangan pada Indiegogo. Game ini sepertinya juga akan melakukan revolusi permainan FPS. Yang mana nantinya akan bisa dimainkan dengan membagi jadi dua tim untuk melawan musuh serta menjaga para sandera.

Itu tadi 7 game augmented reality yang harus Anda coba mainkan. Teknologi dengan basis augmented reality memang berhasil mengubah pengalaman permainan yang lebih seru. Segera mainkan game tadi dan rasakan sensasi permainan lebih nyata dan menyenangkan.