Penjelasan 16 Tenses dalam bahasa inggirs dan fungsinya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Penjelasan 16 Tenses dalam bahasa inggirs dan fungsinya".

Belajar bahasa inggris | Sudah paham dengan materi gerund di pembahasan sebelumnya kan? Pasti Anda sudah paham bahwa gerund adalah kata yang dibentuk dari verb dengan ditambahkan suffix –ing dan berfungsi sebagai noun. Yuk kita lanjut materi selanjutnya, yaitu tentang penjelasan tenses.

Pengertian Tenses

Tenses adalah perubahan bentuk kata kerja dalam suatu kalimat yang disebabkan karena perubahan bentuk waktu atau keterangan waktunya. Pembagian waktunya ada 3, yaitu past (lampau), waktu present (sekarang) dan future (Waktu depan). Perubahan verb nya juga menandakan apakah kejadian itu sudah, telah, akan selesai atau sedang berlangsung.
Penjelasan 16 Tenses dalam bahasa inggirs dan fungsinya
Gambar ilustrasi

Jenis-jenis dan penjelasan tenses

Tenses dibagi menjadi 3 jenis waktu yaitu past, present dan future. Setelah itu dibagi lagi menjadi 4 bagian past, 4 bagian present dan 4 bagian untuk future. Jenis-jenis tenses tersebut adalah:

Pembagian Present tense (waktu sekarang)
1a. Simple Present Tense
Tenses jenis ini digunakan untuk menceritakan waktu sekarang dalam bentuk sederhana.

1b.. Present Continuous Tense
Fungsinya digunakan untuk menceritakan sesuatu yang sedang berlangsung saat ini.

1c.. Present Perfect Tense
Pola kalimat digunakan untuk menceritakan kejadian yang terjadi pada masa lampau dan masih berpengaruh hingga sekarang.

1d. Present Perfect Continuous
Menjelaskan tindakan yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut sampai sekarang. Selain itu juga digunakan untuk menceritakan kejadian yang telah dimulai di masa lalu dan baru saja selesai.

Pembagian Past Tense (Waktu lampau)
2a. Simple Past Tense
Kegiatan yang terjadi di masa lampau dan waktu terjadinya peristiwa itu telah diketahui dapat diceritakan menggunakan tenses ini.

2b. Past Continuous Tense
Jenis tenses ini digunakan untuk menyatakan peristiwa yang sedang terjadi, tetapi bukan sedang terjadi sekarang, melainkan sedang terjadi “dulu”, sudah lewat.

2c. Past Perfect Tense
Peristiwa yang terjadi di masa lampau dan terus berlangsung ataupun telah selesai di masa lampau dapat diceritakan dengan jenis tenses ini.

3d. Past Perfect Continuous Tense
Digunakan untuk mengungkapkan suatu kejadian yang sudah dimulai dan sedang berlangsung di masa lampau tetapi saat ini sudah tidak terjadi lagi.

Pembagian Future Tense (waktu yang akan datang)
3a. Future Tense
Fungsinya adalah untuk menyatakan perbuatan yang akan terjadi di masa yang akan datang.

3b. Future Continuous Tense
Jenis tenses ini berfungsi untuk menyatakan suatu peristiwa yang akan sedang berlangsung. Bisa juga digunakan untuk sesuatu yang akan sedang dilakukan di waktu tertentu di masa yang akan datang.

3c. Future Perfect Tense
Tenses ini digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa yang akan telah terjadi. Selain itu juga menjelaskan bahwa kejadian akan telah selesai dilakukan diwaktu tertentu di masa yang akan datang.

3d. Future Perfect Continuous Tense
Tenses ini dipakai untuk menyatakan suatu peristiwa yang akan telah sedang berlangsung di waktu yang akan datang dimasa lampau.

Pembagian Past Future (waktu masa depan dari prespektif masa lalu)
4a. Simple Past Future Tense
Kita dapat menggunakannya untuk mengungkapkan sesuatu yang berulang-ulang atau sudah menjadi kebiasaan di masa lampau. penggunaan kata “would” dalam kalimat menunjukkan bahwa ingin sesuatu itu terjadi di masa depan, yang mungkin atau tidak mungkin menjadi kenyataan.

4b. Past Future Continuous Tense
Berfungsi  untuk menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang akan sudah sedang berlangsung pada waktu lampau.

4c. Past Future Perfect Tense
Jenis tenses ini untuk menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang akan sudah selesai pada waktu lampau. Dapat juga digunakan untuk menyatakan pengandaian yang tidak mungkin terjadi karena syaratnya sudah pasti tidak akan terpenuhi.

4d. Past Future Perfect Continuous Tense
Anda dapat menggunakan tenses ini untuk menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang akan sedang berlangsung.

Dari penjelasan tenses diatas, sekarang Anda sudah mengenal 16 tenses dengan fungsi yang berbeda-beda. Mari kita lanjutkan untuk mempelajari jenis tenses satu persatu dengan lebih mendalam di pembahasan selanjutnya.
INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at