Jumat, Februari 16

Bagaimana Cara Menggunakan kata “The” dalam kalimat?

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Bagaimana Cara Menggunakan kata “The” dalam kalimat?".

Belajar bahasa inggris | Kemarin kita sudah belajar tentang explave it dan there. Bagaimana? Ada yang merasa susah mempelajari materi tersebut. It dan there sama-sama merupakan kata yang memang seringkali digunakan. It bisa diartikan ini dan there bisa diartikan ada. Mudah kan? Pengunaannya lah yang harus dipelajari. Selanjutnya, mari belajar mengenai penggunaan kata the.

Seringkali rasanya menggunakan kata the dalam membuat sebuah kalimat atau mengucapkan sesuatu. Ada dua artike lainnya lagi yang sering digunakan yaitu a dan an. Sebenarnya, ketiga kata tersebut memiliki arti yang sama namun memiliki cara penggunaan yang berbeda. Lalu, bagaimana cara menggunakan kata the dalam sebuah kalimat?

Bagaimana Cara Menggunakan kata “The” dalam kalimat?
Gambar ilustrasi

Cara Menggunakan kata “The”

Penggunaan kata the memiliki arti yang lebih terperinci dibandingkan dengan kata an atau a. Contohnya saja pada kalimat;

I usually read the novel in my bad room when I feel asleep
Saya biasanya membaca novel di kamar, ketika saya merasangak ngantuk.

Dalam kalimat ini, yang dibicarakan adalah sebuah novel. Novel yang dibicarakan pun sudah jelas maksudnya. Bisa jadi orang dalam kalimat tersebut memang hanya membaca sebuah novel saja ketika ia sedang merasa mengantuk. Lihat contoh lainnya.

I am going to sing the song for you in your birthday party next Sunday
Saya akan menyanyikan lagu tersebut untukmu di hari ulang tahunmu minggu depan.

Dalam kalimat tersebut, lagu yang akan dinyanyikan sudah jelas maksudnya. Mungkin saja lagu tersebut lagu favoritnya atau pun lagu favorit temannya yang sedang berulang tahun. Dengan demikian, orang yang mengatakan sudah memiliki maksud untuk menyanyikan lagu apa dan lagu yang mana.

Secara umum, penggunaan the dalam sebuah kalimat atau ucapan mencakup hal tersebut. Jika the digunakan untuk hal yang lebih spesifik, maka kata a dan an digunakan untuk sebuah kalimat yang masih umum. Namun, Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan kata the pada sistem Geografi seperti negara, wilayah, kota, ibu kota, jalan, gunung, benua, teluk, ataupun danau.

Namun, Anda bisa menggunakan the pada Geografi seperti Samudra, laut, sungai, semenanjung, pegunungan, padang pasir, kutub, wilayah hutan dan padang pasir, atau teluk yang menggunakan nama bay. Itulah cara penggunaan kata the dalam sebuah kalimat. Semoga bermanfaat.
INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at