Friday, February 9

Penjelasan Mengenai Explave It dan There dan Contohnya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Penjelasan Mengenai Explave It dan There dan Contohnya".

Belajar bahasa inggris |Setelah mempelajari mengenai pronouns, alangkah lebih baik jika kita belajar mengenai penggunaan it dan there sehingga ketika membuat kalimat semakin mahir. Penggunaan it dan there seringkali digunakan dalam berbagai jenis kalimat. Namun, pernahkah Anda mencoba untuk mencari kedua arti dari kata tersebut? Hal tersebut disebut  dengan explave it dan there. Keduanya sering sekali muncul untuk menggantikan sesuatu. Jika it diartikan sebagai ini, maka there seringkali diartikan sebagai ada.

Penjelasan Mengenai Explave It dan There dan Contohnya
Gambar ilustrasi

Apa Sebenarnya Explave it dan There itu?

Explave it dan there mungkin saja jarang terdengar dalam grammar. Sebenarnya, explave merupakan suatu impersonal. Ini bisa diartikan sebagai kata yang tidak aslinya. Explave bisa diklasifikasikan sebagai pronouns di dalam berbagai macam kamus grammar. Fungsi explave ada dua. Apa sajakah itu?

Fungsi explave yang pertama adalah untuk menyediakan subjek secara formal di dalam sebuah kalimat. Fungsi yang kedua adalah untuk mengantisipasi objek yang sebenarnya muncul di dalam kalimat tersebut. Explave seringkali digunakan untuk tujuan grammar. Namun, para modern grammarian’s seringkali mengklasifikasikannya sebagai structure word saja.

1. Explave it
It dalam explave sama halnya dengan pronoun yang lain. Fungsinya adalah untuk menyembunyikan subjek dari suatu kalimat. Explave it ini digunakan sebagai subjek dari suatu adjective. Terkadang juga predikatnya diikuti oleh suatu kata keterangan.
Contoh kalimat:
It is wonderful here
Luar biasa disini
It is pleasant in the big city
Menyenangkan di kota ini
It is your car, right?
Itu mubilmu bukan?

Dalam kalimat tersebut, it digunakan untuk menggantikan subjek kalimat. Penggunaannya diikuti dengan adverb (kata keterangan).

2. Explave there
Selain it, there ternyata juga masuk ke dalam suatu explave. Terdapat beberapa jenis kalimat yang menggunakan explave there.

There +  be + pro (noun) + expression of place
There is nobody here. Itu artinya sama dengan Nobody here
Tidak ada seorangpun disini

There + be + noun with adjective
There are three kinds girl that are watching the TV
Ada tiga gadis yang menonton TV

Three+ be +noun+ -ing participle
There is a lion roaring
Ada singa yang mederu

Demikianlah penjelasan mengenai explave it dan there di dalam sebuah kalimat. Jadi, belajar Bahasa Inggris itu memang asyik bukan? Ada banyak hal yang belum dipelajari dan bisa Anda simak dalam artikel selanjutnya.
INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at