Apa yang Dimaksud dengan Colocation Server?

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Apa yang Dimaksud dengan Colocation Server?".


Untuk Anda yang belum mengerti, Colocation server adalah salah satu jenis layanan untuk menyimpan server pada data center. Penyimpanan server dilakukan pada tempat yang memiliki standar keamanan serta infrastruktur yang memadai baik dari segi fisik maupun non fisik.

Infrastruktur colocation memerlukan komponen penunjang berupa akses internet yang stabil, arus listrik stabil, power generator, flooring, UPS, keamanan, sistem CCTV dan air temperatur control. Tujuannya adalah agar server yang tersimpan bisa aman dari risiko bencana alam, penyadapan, hacking, dan lain sebagainya.
Apa yang Dimaksud dengan Colocation Server?

Seluruh server yang tersimpan dalam database, termasuk colocation disusun dengan baik menggunakan rak spesial yang memiliki ketahanan terbaik. Analoginya, Anda ingin membangun sebuah rumah. Dimana semua kebutuhan bangunan seperti pipa air, kabel listrik dan lain sebagainya harus Anda persiapkan sebelum furniture Anda dipindahkan ke dalam rumah tersebut.

Lain halnya jika Anda membeli rumah yang di dalamnya sudah terdapat listrik, air serta utilitas lainnya karena Anda hanya perlu membawa furnitur rumahnya saja. Colocation sendiri bisa dianalogikan sebagai rumah yang sudah dalam bentuk bangunan dengan segala komponen penunjang yang dibutuhkan.

Dalam hal ini Anda menitipkan furnitur (data) pada rumah atau layanan Colocation server yang sudah dibangun oleh penyedia data center. Penyedia tersebut akan menyediakan tempat untuk server Anda. Tapi media penyimpanan dan server nya akan disediakan oleh Anda.

Sebuah penyedia colocation mempunyai bangunan besar yang kokoh, aman dan kuat untuk menangani semua instalasi dan komponen yang dibutuhkan agar rak yang menjadi tempat server bisa terlindungi dengan baik. Dalam penyimpanannya, hanya penyedia dan pelanggan atau klien (penyewa) yang mempunyai akses ke server tersebut.

Semua server diawasi dan dipantau selama 24 jam setiap hari. Pada dasarnya, kebanyakan orang menggunakan data center colocation karena skala ekonomi. Dibandingkan harus mengeluarkan biaya besar untuk pembangunan dan pemeliharaan fasilitas data center, menggunakan Colocation server pastinya jauh lebih mudah, praktis dan efisien. Melihat hal tersebut, wajar saja jika banyak perusahaan besar yang memanfaatkan layanan data center yang satu ini.

NEX Datacenter dari PT CBN Nusantara merupakan salah satu penyedia layanan collocation server terbaik di Indonesia. Beberapa perusahaan ternama sudah menggunakan layanan dari NEX. Dengan pengalaman dan nama besar sebagai ISP, CBN optimis NEX dapat memberikan solusi bagi perusahaan yang membutuhkan collocation server di Indonesia.