Pengertian Demonstrative Pronoun dan Contoh Kalimatnya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Pengertian Demonstrative Pronoun dan Contoh Kalimatnya".

Belajar bahasa inggris | Masih belajar tentang personal pronoun, kini saatnya Anda untuk belajar tentang demonstrative pronoun. Demonstrative pronoun merupakan salah satu kata ganti yang digunakan untuk parameter atau mengukur jumlah dan jarak. Yang digantikannya biasanya adalah kata benda. Namun, bisa pula yang digantikan adalah orang atau sesuatu hal.

Demonstrative pronoun terdiri dari beberapa bentuk seperti this, that, these ,dan those. Apakah perbedaannya dan bagaimana parameter penggunaannya dalam suatu kalimat?
Pengertian Demonstrative Pronoun dan Contoh Kalimatnya
Gambar ilustrasi

Penggunaan Demonstrative Pronoun

Seperti yang telah dijelaskan di atas, demonstrative pronoun terdiri dari dua jangkauan. Jangkauan tersebut adalah jangkauan jarak dan waktu, jadi bisa jauh bisa pula dekat. Untuk penggunaan jarak yang jauh dengan number singular, Anda bisa menggunakan that. Sedangkan untuk jarak yang dekat bisa menggunakan this.

Sedangkan untuk penggunaan jarak yang jauh dengan number plural, Anda bisa menggunakan those. Namun jika jaraknya dekat dengan number plural, Anda bisa menggunakan these. Perhatikan contoh berikut!
a. Is this your pen? / Apakah ini pulpenmu?
b. This is too much for me! I can’t accept this! / Ini terlalu berat buatku!. Aku tidak bisa menerima ini.
c. This is my best mother. / Ini adalah ibuku
d. That is a good idea! / Itu ide yang bagus!
e. This is me. Is that you? / Ini adalah aku, itukah kamu?
f. These cases are interesting. / Kasus-kasus ini menarik
g. Those are my uncles. / itu adalah paman-pamanku.

Dengan melihat contoh di atas, maka penggunaan demonstrative pronouns akan lebih mudah untuk dipahami. Selanjuntnya, ada dua jenis demonstrative pronoun yang bisa Anda simak lagi!

A. Demonstrative pronoun
Contoh:
1. This is delicious food! / Ini adalah makanan yang enak
2. This is wonderful gown! / Ini adalah gaun yang indah
3. This is a beautiful day! / Ini adalah hari yang indah

B. Demonstrative adjectives
Contoh:
1. This food is delicious. / Makanan ini enak sekali
2. This gown is wonderful. / Gaun ini indah sekali
3. This day is beautiful. / Hari ini indah sekali

Kedua contoh di atas memiliki arti yang sama dengan struktur kalimat yang berbeda. Jadi, demonstrative pronoun berbeda ya dengan demonstrative adjectives. Perbedaannya terlihat sangat jelas ketika Anda melihat contoh dari kalimat di atas. Bisakah Anda membedakannya?

Baiklah, cukup sekian pembelajaran mengenai demonstrative pronoun pada artikel kali ini. Lanjutkan pada materi selanjutnya untuk memperdalam wawasan Anda mengenai pembelajaran dalam berbahasa Inggris dengan lebih sempurna.

INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at
Sponsor