Jumat, Januari 12

Perbedaan Possessive Pronoun dengan Possessive Adjective

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Perbedaan Possessive Pronoun dengan Possessive Adjective".

Belajar bahasa inggris | Setelah mempelajari personal pronoun, Anda pastinya sudah bisa menggunakannya dengan baik sehingga bisa mengerti perbedaan pronoun sebagai subjek dan objek. Agar pemahaman tentang pronoun lebih baik, sekarang kita lanjutkan dengan pembahasan mengenai possessive pronoun.

Possessive pronoun termasuk salah satu bagian dari personal pronoun. Seperti yang telah Anda ketahui, personal pronoun memiliki berbagai macam bentuk. Possesive inilah salah satunya. Di dalam sebuah kalimat, bagian dari personal pronoun yang satu ini memiliki fungsi untuk menunjukkan kepemilikan.

Oleh karena itu, possesive pronoun seringkali disebut dengan kata ganti kepemilikan. Dengan demikian, possesive pronoun bisa menempati bagian subject, subject complement, atau pun direct object.

Perbedaan Possessive Pronoun dengan Possessive Adjective
Gambar ilustrasi

Perbedaan Possessive Pronoun dengan Possessive Adjective

Possessive pronoun seringkali dikaitkan dengan possessive adjectives. Kedua hal tersebut jelas sangat berbeda ya. Meskipun satu makna, struktur penggunaan possessive adjective dengan possesive pronoun berbeda.

Possessive Pronoun adalah kata ganti kepunyaan yang digunakan untuk merujuk atau menggantikan kata kepemilikan suatu benda.  Sedangkan Possessive Adjective digunakan untuk menerangkan siapa yang memiliki suatu benda. Dan letaknya sebelum noun (kata benda). Untuk lebih mudah membedakannya, perhatikan tabel berikut!
No
Possessive Adjective
Possessive Pronoun
Artinya
1
My
Mine
Saya
2
Your
Your
Kamu
3
Their
Theirs
Mereka
4
Our
Ours
Kami
5
His
His
Dia (laki-laki)
6
Her
Hers
Dia (Perempuan)
7
Its
Its
Dia (benda/hewan)
Coba lihat tabel di atas! Meskipun kedua tabel tersebut memiliki arti yang sama, namun jelas-jelas struktur penggunaannya memang berbeda. Possesive pronoun digunakan ketika objeknya diketahui berdasarkan konteks kalimat. Biasanya, penggunaannya di awali dengan pendahulu atau bisa disebut dengan antecedent. Anetecedent nya pun bisa saja singular dan plural.

Penggunaan Possesive Pronoun dan Possesive adjective

No
Possesive Adjective
Possesive Pronoun
1
My book is new / Bukuku baru
Mine is new / Milikku baru
2
I like your hair style / Saya suka gaya rambutmu
I like yours / Aku suka milikku
3
This is their house / Ini adalah rumah mereka
This house is theirs / Rumah ini milik mereka
4
Prophet Muhammad is our idol / Nabi Muhammad adalah idola kami
Prophet Muhammad are ours / Nabi Muhammad adalah milik kita
5
This is his pencil / Ini adalah pensilnya
This pencil is his / Ini pensilnya
6
It is her veil / Ini adalah jilbabnya
That veil  is hers / Jilbab itu miliknya
7
Yellow is its color / Kuning adalah warnanya
Yellow is its / Kuning adalah miliknya
Itulah perbedaan penggunaan possessive pronouns dan possessive adjective di dalam sebuah kalimat. Meskipun artinya bisa dibilang sama, namun struktur penggunaannya tentu saja berbeda. Possessive pronouns digunakan sebagai subjek dan possessive adjective menempati bagian object. Sudah jelas bukan bedanya? Pelajari materi selanjutnya!
INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at