Senin, November 07, 2016

Cara mudah mencari sinonim kata di Microsoft word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah mencari sinonim kata di Microsoft word".

Tutorial microsoft office | Ketika kita membuat makalah untuk tugas sekolah atau skripsi, terkadang kita kekurangan kosa kata. Sehingga banyak kata yang sering kali diulang dalam sebuah paragraph.

Ketika kata yang sama diulang beberapa kali dalam sebuah paragraph terkadang memberikan kesan kurang bagus. Maka dari itu kita harus mencari persamaan makna supaya kata yang kita pakai tidak itu-itu mulu.

Dengan menggunakan persamaan makna atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan sinonim ini kita bisa menggunakan kata yang artinya sama namun dengan kata yang berbeda, sehingga makalah yang kita buat lebih bagus.

Kendalanya, ketika kita tidak memiliki cukup banyak kosa kata terutama kosa kata dalam bahasa asing membuat kita sulit mencari sinonimnya. Namun pada tutorial kali ini sobat tidak usah khawatir lagi. Karena saya akan shar bagaiman caranya mencari sinonim kata di Microsoft word tanpa mencrari secara manual di kamus. Dan ternyata caranya sangat mudah sekali. Bagi sobat yang teratrik, silahkan ikuti terus tutorial Microsoft word  kali ini.

Cara mencari sinonim kata di Microsoft word

1. Silahkan buka makalah atau document Microsoft word sobat. Atau jika baru mau mulai silahkan buat document baru.
Cara mudah mencari sinonim kata di Microsoft word

2. block kata yang akan kita cari sinonimnya. Kemudian klik kanan pilih synonym lalu pilih kata yang menurut sobat cocok dan akan digunakan untuk mengganti kata yang di block. Sebagai contoh di tutorial ini saya akan mencari sinonim dari kata never dan saya memilih kata not ever sebagai sinonimnya.
Cara mudah mencari sinonim kata di Microsoft word


Sekarang kalimat yang tadinya the first love is never die menjadi the first love is not ever die. Silahkan lakukan hal yang sama pada kata yang ingin sobat subah dengan kata lain yang maknanya mirip atau sama. Namun sayang di Microsoft word 2013 belum mendukung pengaturan bahasa Indonesia. Secara default, pengaturannya menggunakan bahasa inggris. Semoga bermanfaat.