Sabtu, Mei 26, 2018

Cara mengatur posisi garis sparator footnote di word + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mengatur posisi garis sparator footnote di word + video".

Tutorial microsoft office | Garis footnote atau dalam istilah Microsoft word sisebut footnote separator adalah sebuah garis pemisah antara teks biasa dengan footnote atau catatan kaki. Secara default garis footnote ini akan mengikuti pengaturan bahasa yang digunakan pada Microsoft word tersebut. Jika menggunakan bahasa arab, maka garis footnote akan berada disebelah kanan sedangkan jika menggunakan bahasa English garis footnote akan berada disebelah kiri.

Akan tetapi ada beberapa kasus yang posisi garis footnote nya tidak mengikuti teks diatasnya. Misalnya, tulisan yang kita buat berbahasa Indonesia garis footnotenya berada disebelah kanan, atau tulisan dalam bahasa arab, garis footnote berada disebelah kiri. Sepintas hal ini mungkin tidak terlalu masalah, tetapi tentu akan mengurangi kerapihan dalam penulisan.

Nah, karena garis footnote ini tidak bias di edit secara biasa, jadi kita agak susah mengatur posisi garis footnote ini. Tapi tenang, jika sobat sedang mencari cara bagaimana mengatur posisi garis footnote di word, sekarang sobat sudah berada di tempat yang tepat, karena sebentar lagi saya akan share bagaimana cara merubah posisi garis footnote diword. Bahakn bukan hanya merubah posisi saja. Sobat juga bias merubah warna garis footnote sesuai dengan kesukaan sobat.

Daripada berlama-lama, lebih baik kita langsung saja deh ke pokok pembahasan, bagaimana mudahnya mengatur posisi garis footnote di Microsoft word.

Cara mengatur posisi garis footnote di Microsoft word

1. Buka file Microsoft sobat yang garis footnotenya mau di atur. Pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft office 2013
Cara mengatur posisi garis footnote di Microsoft word

2. tempatkan kursor diakhir kata (boleh pilih secara sembarang), kemudian klik menu view > draft
Cara mengatur posisi garis footnote di Microsoft word

3. Klik Ctrl+Alt+F pada keyboard. Kemudian ganti all footnote menjadi footnote separator
Cara mengatur posisi garis footnote di Microsoft word

4. sekarang saatnya klik menu home dan silahkan atur posisi footnote seperti mengatur tulisan biasa. Sobat bias merubah posisi footnote di kiri, tengah dan kanan. Juga bias merubah warna footnotenya.
Cara mengatur posisi garis footnote di Microsoft word

5. Jika pengaturan dirasa cukup, saatnya kembali ketampilan print layout. Caranya adalah dengan mengklik menu view > print layout. hapus footnote yang tidak diperlukan.
Cara mengatur posisi garis footnote di Microsoft word

Nah. Sampai disini sekarang sobat bias dengan leluasa mengatur posisi garis footnote atau footnot separator di Microsoft word ini. Selain merubah posisi sobat juga bias mengatur warna garis catanan kaki di document Microsoft word sobat. Senengnya masalanya bias teratasi. Semoga bermanfaat.

Tutorial video

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih