Jumat, Juni 01, 2018

Cara cepat mengurutkan nama sesuai abjad di excel + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara cepat mengurutkan nama sesuai abjad di excel + video".

Tutorial microsoft office | Pada tutorial kali ini, saya akan share cara otomatis membuat nama-nama dalam Microsoft excel mengurut sesuai dengan abjad. Baik dengan pola A-Z atau pun sebaliknya yaitu Z-A.

Sebenarnya cara mengurutkan nama sesuai abjad secara otomatis di Microsoft excel ini sama seperti mengurutkan nama sesuai abzad di Microsoft word. hanya memerlukan beberapa langkah, semuanya akan tersusun otomatis sesuai abzad.

Trik ini sangat berguna bagi sobat yang berprofesi sebagai guru yang ingin mendata nama murid-muridnya berurutan sesuai abjad. Tentu akan sangat merepotkan sekali jika kita harus menyusun nama sesuai abjad ini dengan cara manual. Mungkin jika daftarnya Cuma sedikit tidak begitu terasa. Akan tetapi jika sudah puluhan atau bahkan ratusan pasti akan banyak menyita waktu banyak untuk melakukan hali itu secara manual.

Cara cepat mengurutkan nama sesuai abjad di excel

Selain buat seorang guru, trik mengurutkan nama sesuai bajad ini tentu sangat bermanfaat bagi sobat yang berprofesi sebagai sekretaris atau apa saja yang berhubungan dengan data-mendata. Untuk mempersingkat waktu, silahkan sobat langsung saja menuju pada acara intinya,

Cara cepat mengurutkan nama sesuai abjad di microsoft excel

1. Silahkan sobat buka daftar nama yang akan sobat urutkan namanya sesuai dengan abjad. Jika belum punya datanya, silahkan di buat dulu dengan menggunakan Microsoft excel.

2. Kemudian block seluruh data yang akan kita urutkan namanya sesuai abjad.
Cara cepat mengurutkan nama sesuai abjad di excel

3. Setelah terblock semua, sekarang klik menu home > editing > short & filter > costume short
Cara cepat mengurutkan nama sesuai abjad di excel

4. Kemudian pada kolom column short by pilih nama (kolom yang akan dijadikan patokan untuk menyusun sesuai abjad) dan pada kolom order pilih A-Z jika ingin mengurutkan berdasarkan huruf A ke Z. dan Z-A jika ingin mengurutkan berdasarkan huruf Z-A. kemudian klik ok dan lihat hasilnya.
Cara cepat mengurutkan nama sesuai abjad di excel

Sampai disini sobat sudah sukses membuat nama berurutan atau tersusun sesuai dengan abjad. Caranya sangat praktis, mudah, cepat dan rapih. semoga bermanfaat.

Tutorial video mengurutkan nama sesuai abjad di excel

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih