Rabu, Oktober 24

Cara praktis membuat kalender di Microsoft word + video (free list hari libur nasional)

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara praktis membuat kalender di Microsoft word + video (free list hari libur nasional)".

Tutorial microsoft office | Tak terasa sekarang kita sudah memasuki bulan oktober. Dua bulan tahun ini akan tergantikan oleh tahun baru. Karena tepat di tanggal 1 januari mendatang seluruh ormas di Indonesia sepakat merupakan hari tahun baru masehi.

Ngomong-ngomong tahun baru, sudahkah sobat memiliki kalender baru…? Secara sobat pasti dong tidak akan lagi menggunakan kalender saat ini. Mungkin kebanyakan belum memiliki kalender untuk tahun depan karena memang masih cukup panjang perjalanna menuju tahun baru.

Tapi sepertinya tidak ada salahnya kalu kita mempersiapkan kalender tahun baru diawal waktu. Supaya, pas tahun baru nanti kita sudah siap dengan kalender baru. Yang lebih asyiknya lagi sekarang kita akan membuat kalender sendiri. Artinya kita bisa dengan leluasa mendesain kalender sesuai keinginan kita. Seperti memasang photo-photo kita kedalam kalender, menyisipkan tanggal merah tepat di hari ulang tahun kita, memberi catatan-catatan yang dirasa penting dan lain sebagainya.
 Cara praktis membuat kalender di Microsoft word + video

Jika sobat tertarik untuk membuat kalender sendiri, sobat bisa memanfaatkan Microsoft word untuk membuat kalender ini. Dengan fasilitas yang sudah disediakan Microsoft word, kita akan sangat mudah membuat kalender sendiri. Tanpa harus mengetik manual pertanggalan yang lumayan banyak itu.

Hanya saja, dalam menjalankan aksi ini, computer sobat butuh koneksi internet. Karena kita perlu mendownload template desain kalender terlebih dahulu. Kalau dirumah kaga ada koneksi internet, mungkin sobat bisa nongkrong sejenak di warung kopi yang sudah tersedia free wifi sekalian bisa sambil ngopi-ngopi… J

Cara membuat kalender di Microsoft word

1. buka Microsoft word sobat kemudian masukan kata calendars pada kolom pencarian. Disitu sobat akan menemukan banyak desain kalender yang siap dibuat. Sebagai contoh saya pilih desain famiy photo calendars. Pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft office 2013
Cara praktis membuat kalender di Microsoft word

2. Klik tombol create untuk mulai mendownload, tunggu beberapa saat sampai semuanya selesai. Distep ini juga sobat bisa melihat informasi tentang desain template kalender yang sobat pilih.
Cara praktis membuat kalender di Microsoft word

3. Pada pengaturan tahun, pilih 2016 jika sobat ingin membuat kalender untuk tahun 2016. Sobat juga bisa mengatur hari pada awal minggu yang digunakan. Sunday or Monday
Cara praktis membuat kalender di Microsoft word

4. Untuk selanjutnya sobat tinggal memberikan warna merah pada setiap hari minggu dan hari libur. Pengeditannya sama seperti mengedit document Microsoft word biasa
Cara praktis membuat kalender di Microsoft word

5. Untuk mengganti gambar dengan foto sobat, caranya dobel klik gambar yang ingin di ganti. Kemudian akan tampil menu format > change picture > work offline kemudian pilih photo yang akan di tempelkan.
Cara praktis membuat kalender di Microsoft word

Sampai disini sobat sudah berhasil membuat kalender dengan menggunakan Microsoft word. Sebelum mencetaknya, silahkan periksa terlebih dahulu hari-hari libur dan desainnya. Terlebih jika sobat mau mencetak dalam jumlah yang banyak. Jika dirasa sudah sip, silahkan di print seperti biasa.

Jika sobat mau mencetak dalam jumlah banyak dan menggunakan jasa percetakan, saya sarankan untuk menyimpannya ke dalam format PDF. Silahkan baca tutorialnya di cara mudah menyimpan file word menjadi pdf bila sobat belum tahu caranya. Semoga bermanfaat.

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.