Jumat, Juni 8

Cara membuat format uang rupiah (RP) otomatis di excel + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat format uang rupiah (RP) otomatis di excel + video".

Tutorial microsoft office | Membuat perhitungan dengan menggunakan Microsoft excel memang sangat menyenangkan. Ketika kita ingin membuat laporan keuangan, kita tidak perlu menggunakan kalkulator tambahan untuk menghitung laporan keuangan yang akan kita buat, karena "semuanya" bisa dilakukan dengan menggunakan rumus-rumus Microsoft excel ini.

Akan tetapi terkadang kita di buat susah ketika harus membaca satuan uang yang ditulis seperti angka biasa. Terlebih jika nilainya jutaan keatas. Karena jika kita menulisnya seperti menulis oang biasa, rumus-rumus Microsoft excel tidak bisa berfungsi.
 Cara membuat format uang pada excel

Nah… untuk mengatasi hal itu, pada kesempatan kali ini saya akan coba share cara mudah dan praktis menulis format uang di Microsoft excel yang pada waktu bersamaan kita masih bisa menggunakan rumus-rumus yang ada pada Microsoft excel. Jadi pekerjaan laporan keungan cepat, membaca nilai jumlah uangnyapun tidak pusing karena banyaknya angka yang berdempetan tanpa di beri spasi, titik atau koma.

Cara membuat format uang di Microsoft excel

1. Silahkan sobat buka Microsoft excel sobat, kemudian mulailah menginput data-data yang diperlukan. Sebagai contoh saya membuat laporan “daftar gaji karyawan CV. Tutorial89.com” seperti pada penampakan di bawah ini.
Cara membuat format uang pada excel

Jika sobat perhatikan gambar di atas, sobat akan sedikit kesulitan membaca jumlah uang yang diterima oleh masing-masing karyawan. Karena tanpa menggunakan tanda pemisah seperti penulisan uang yang biasa kita lihat.

2. Sekarang blok seluruh angka yang akan di rubah kedalam format uang. Dalam hal ini kita akan menggunakan format uang rupiah sebagai mata uang resmi Negara Indonesia.
Cara membuat format uang pada excel

3. Klik kanan > format cells… > currency kemudian pilih mata uang Rp Indonesia pada kolom symbol
Cara membuat format uang pada excel

Sampai di sini sobat sudah sukses merubah format angka biasa menjadi format uang rupiah, tanpa menghilangkan fungsi rumus-rumus Microsoft excel yang biasa sobat gunakan. Dan hasil akhirnya bisa sobat lihat pada gambar di bawah ini.

Cara membuat format uang pada excel

Bagaimana? Lebih mudah membaca nialu uang dengan format uang rupiah bukan, dari pada membaca nilai uang seperti pada nomor 1 diatas. Silahkan dipraktekan dan semoga bermanfaat.

Tutorial video membuat format uang RP di excel

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih