Rabu, Juni 06, 2018

Rumus dasar microsoft excel dan penggunaannya + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Rumus dasar microsoft excel dan penggunaannya + video".

Rumus dasar microsoft excel – Microsoft excel adalah salah satu prodak dari Microsoft, yang terdapat dalam Microsoft office. mungkin bagi sobat Microsoft excel ini bukanlah hal yang asing lagi, terutama bagi mereka yang memang sering bergelut dalam hitung menghitung uang.

Di kesempatan kali ini saya hanya akan sedikit share pengalaman saya menggunakan Microsoft excel ini untuk keperluan hitung menghitung uang. Saya rasakan sendiri dengan adanya Microsoft excel ini pekerjaan saya sangat terbantu sekali. Karena memang dalam Microsoft excel ini terdapat rumus-rumus matematika yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan perhitungan.

Bagi sobat yang baru mengenal Microsoft excel ini dan ingin juga mencoba memanfaatkan rumus-rumus yang terdapat dalam Microsoft excel untuk keperluan hitung-menghitung, yuk kita simak rumus-rumus dasar Microsoft excel ini. Tutorial ini cocok untuk yang bekerja sebagai bendahara. Bendaharan kecil-kecilan lah yang biasa pegang duit orang.

Rumus dasar microsotf excel

Sebelum kita mengguanakan Microsoft excel ini untuk urusan hitung menghitung uang, terlebih dahulu sobat harus mengetahui rumus dasar Microsoft excel ini. Bagi yang sudah hafal dilewat aja, bagi yang baru silahkan disimak baik-baik rumus dasar Microsoft excel di bawah ini.

Rumus
Arti Rumus
Contoh penggunaan
Hasil (Enter)
*
Perkalian
=98*4
392
/
Pembagian
=392/4
98
-
Pengurangan
=1989-89
1900
+
Penjumlahan
=1989+25
2014
^
Pangkat
=12^3
1728
%
Persen
=89000*30%
26700
( )
Pengelompokan
=(2+12)*24
336

Untuk penggunaannya terlebih dahulu harus didahului oleh karakter sama dengan (=) , yang harus di perhatikan lagi adalah setiap angka tidak boleh menggunakan titik (.) atau Rp atau karakter lainnya. Perhatikan contoh pada kolom persen penulisan yang benar adalah 89000 bukan 89.000 juga bukan Rp. 89.000,-

Penggunaan rumus Microsoft excel dalam pengolahan tabungan sederhana

Dalam pengolahan tabungan sederhana, kita tidak perlu selalu menulis angka uang untuk menjumlah atau mengurangi tabungan. Ini bisa dilakukannya secara otomatis dengan hanya memasukan rumus-rumus Microsoft excel. lebih jelasnya silahkan lihat dalam tutorial video dibawah artikel ini. sibat pasti akan dengan mudah memahaminya.

Rumus perhitungan saldo ketika ada tabungan masuk

Rumus dasar microsoft excel dan penggunaannya
Cara melakukan perhitungan saldo ketika ada tabungan yang masuk adalah klik kolom F3 yang saya tandai merah, kemudian klik =F2 (saldo terakhir)+D3 (tabungan masuk) lalu klik enter maka hasilnya adalah 1577500 (Rp. 1.577.500,-)

Rumus perhitungan saldo ketika ada tabungan keluar

Rumus dasar microsoft excel dan penggunaannya
Cara melakukan perhitungan saldo ketika ada tabungan yang keluar adalah klik kolom F5 yang saya tandai merah, kemudian klik =F4 (saldo terakhir)-E5 (tabungan keluar) lalu klik enter maka hasilnya adalah 1377500 (Rp. 1.377.500,-)

Rumus perhitungan jumlah tabungan masuk/bulan

Rumus dasar microsoft excel dan penggunaannya
Cara melakukan perhitungan jumlah tabungan masuk/bulan adalah klik kolom D8 yang saya tandai merah, kemudian klik =F2+D3+D4+D6 (seluruh kolom tabungan masuk) lalu klik enter maka hasilnya adalah 1777500 (Rp. 1.777.500,-)

Rumus perhitungan jumlah tabungan keluar/bulan

Rumus dasar microsoft excel dan penggunaannya
Cara melakukan perhitungan jumlah tabungan keluar/bulan adalah klik kolom E8 yang saya tandai merah, kemudian klik =E5+E7 (seluruh kolom tabungan keluar) lalu klik enter maka hasilnya adalah 315000 (Rp. 315.000,-)

Rumus perhitungan jumlah saldo/bulan

Rumus dasar microsoft excel dan penggunaannya
Cara melakukan perhitungan jumlah saldo/bulan adalah klik kolom F8 yang saya tandai merah, kemudian klik =D8 (jumlah tabungan masuk/bulan) +E8 (jumlah tabungan keluar/bulan) lalu klik enter maka hasilnya adalah 1462500 (Rp. 1.462.500,-)

Demikian pengalaman saya menggunakan rumus Microsoft excel dalam keperluan perhitungan tabungan. Silahkan sobat kembangkan sendiri, semoga bermanfaat.

Tutorial video rumusan dasar microsoft excel

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtube kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih