Sabtu, Januari 20, 2018

Cara mudah print document word bolak balik otomatis

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara mudah print document word bolak balik otomatis".

Cara mudah print document bolak balik otomatis | Secara default, ketika kita mengeprint suatu document akan berurutan menurut halaman yang di print, sehingga setiap kertas hanya bisa digunakan untuk satu muka saja. Hal ini tidak jadi masalah, jika memang sobat mau print document satu muka saja. Akan tetapi bagi sobat yang mau membuat buku sehingga langsung tersusun bolak-balik kan agak merepotkan, kalau harus dilakukan secara manual.

Ternyata, dengan sedikit trik tersembunnyi, sobat bisa print bolak balik tanpa harus mengatur terlebih dahulu halaman berapa yang mau di print supaya pas bolak-balik. Sehingga nantinya document tersebut bisa langsung menyusun seperti layaknya sebuah buku beneran. Selain itu, sobat juga bisa lebih menghemat kertas, menghemat kantong dan iktu serta dalam program go green memanfaatkan kertas seperlunya. Hehe… Gimana tertarik…? Yuk kita mulai…

Cara print bolak-balik otomatis

1. Buka document yang akan sobat print bolak balik dengan Microsoft word. Saya anggap sobat sudah mempunyai file buku di word dan sudah siap print. bagi sobat yang mau menlakukan pengaturan yang berhubungan dengan buku, mungkin tutorial ini bisa bermanfaat


2. Klik Ctrl+P > Properties. Jangan lupa untuk memilih printer yang akan di gunakan untuk mencetak document bolak balik ini. saya menggunakan printer Canon MP230/MP237
Cara mudah print document word bolak balik otomatis

3. Silahkan klik duplex Printing (manual) atur juga kertas yang akan di gunakan. Kemudian klik OK beberapa kali sampai proses printing di mulai.
Cara mudah print document word bolak balik otomatis


4. Proses printing pertama akan dimulai dengan halaman ganjil, (1,3,5 dst…) Setelah proses pertama selesai akan muncul gambar seperti ini. Silahkan masukan kembali kertas yang tadi. Ikuti petunjuk yang ada pada gambar. Dan proses printing kedua ini hanya untuk halaman genap saja (2,4,6 dst…)
Cara mudah print document word bolak balik otomatis

Sampai sini sobat sudah sukses print bolak balik, dan halaman sudah langsung tersusun seperti layaknya buku. Saran saya, lakukan uji coba terlebih dahulu dengan mencetak beberapa halaman, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Tutorial video print bolak balik otomatis

Bagi Sobat yang masih kurang jelas dengan pemaparan dalam bentuk artikel, mungkin bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melihat tutorial dalam bentuk video di bawah ini. Jangan lupa untuk SUBSRIBE chanel youtub kami, agar semakin banyak video tutorial yang disajikan di blog ini. Selamat menyaksikan dan memahami.

- INFO PENTNG -

Mohon bantuannya agar bersedia mensubscribe chanel youtube kami (klik icon youtube) sampai 1.000 subscribe untuk memenuhi kebijakan baru youtube. Semoga video-video tutorial yang kami sajikan bisa bermanfaat. Termiakasih