Penggunaan Reflexive Pronoun Beserta Contohnya

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Penggunaan Reflexive Pronoun Beserta Contohnya".

Belajar bahasa inggris | Pernahkah Anda belajar tentang reflexive pronoun? Ini merupakan salah satu bagian materi penting yang harus dipelajari dalam bahasa Inggris. Reflexive pronoun merupakan salah satu bagian dari personal pronoun. Jadi, ragam personal pronoun itu memang banyak sekali dan Anda bisa mempelajarinya sedikit demi sedikit.

Penggunaan Reflexive Pronoun

Reflexive pronoun merupakan salah satu jenis kata ganti yang digunakan untuk menyatakan suatu subjek menerima aksi dari verb. Subjek yang dimaksud di sini bisa berupa orang ataupun hewan. Ada beberapa jenis reflexive pronoun yang penting untuk Anda ketahui. Jenis-jenis tersebut seperti myself, itself, himself, herself, ourselves, yourselves, themselves, dan penggunannya dalam bentuk plural.
Gambar ilustrasi

Reflexive pronoun bisa digunakan untuk subjek kombinasi. Yang dimaksud dengan subjek kombinasi di sini adalah nama orang yang dipadukan dengan pronoun. Setelah digabungkan, maka hal tersebut bisa diubah menjadi reflexive pronoun. Namun, penggunaan reflexive pronounnya disesuaikan dengan urutan orang ke berapa.

Contoh Kalimat Reflexive Pronoun

1. Fatimah and I tried to motivate ourselves
Fatimah dan saya mencoba memotivasi diri kami sendiri
2. Abas, Umar, and you have embarrassed yourselves.
Abas, Umar dan kamu telah mempermalukan diri kalian sendiri
3. Zainab and her friends tried to do their homework theirselves
Zainab dan temantemannya mencoba untuk mengerjakan PR mereka sendiri

Dengan melihat beberapa contoh di atas, jelas sekali bahwa reflexive pronoun yang digunakan dalam kalimat tersebut bergantung pada subjek yang digunakan dalam kalimat. Perhatikan lebih banyak contoh mengenai kalimat reflexive pronoun berikut untuk lebih jelasnya!

1. I am going to buy new book for myself
Saya akan membeli buku untuk diri saya sendiri
2. She asked herself why she was jealous
dia bertanya pada dirinya sendiri, mengapa dia cemburu
3. Husain did not blame himself for the accident happen
Husain tidak menyalahkan dirinya sendiri karena kecelakaan itu terjadi.
4. Why don’t you learn from mistake yoursleves?
Mengapa kamu tidak belajar dari kesalahan dirimu sendiri?

Penggunaan pronoun jenis ini bisa dibilang untuk memperkuat dari subjek yang ada pada suatu kalimat. Dengan adanya pronoun ini, subjek yang berada di dalam kalimat terasa lebih kuat dalam melakukan suatu verb yang ada di dalam kalimat tersebut.

Sudah paham bukan penggunaan reflexive pronoun dalam kalimat? Jenis pronoun ini bisa berfungsi untuk menegaskan subjek dari suatu kalimat. Cobalah untuk membuat kalimat dengan menggunakan personal pronoun jenis ini. Selamat mencoba!

INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at
Sponsor