Sabtu, Desember 16, 2017

Cara membuat kalender dengan Excel dan Photoshop

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat kalender dengan Excel dan Photoshop".

Tutorial Excel & Photoshop | setelah di tutorial yang lalu saya share cara mudah membuat kalender sendiri dengan Publisher, sekarang saya akan sehare kembali cara mudah membuat kalender sendiri untuk tahun 2018.

Tutorial membuat kalender kali ini saya akan menggunakan Microsoft excel untuk membuat tanggalan otomatis, sehingga kita tidak perlu lagi membuat tanggalan setiap bulannya dengan cara manual. Dan Photoshop adalah untuk mendesain kalender yang tanggalannya sudah di buat di Microsoft Excel.

Walaupun sekarang jaman sudah serba canggih, hampir setiap orang memiliki gadget yang terdapat kalender di dalamnya, akan tetapi keberadaan kalender fisik masih sangat banyak peminatnya. Terlebih bila kalender itu kita desain sendiri, sehingga kita bisa dengan leluasa menambahkan hari-hari istimewa kita dan orang terkasih ke dalam kalender yang kita buat lagi. Selain itu kita juga bisa memasukan gambar atau foto kita ke dalam desain kalender yang akan ini. Pokoknya seru deh kalau bisa bikin kalender sendiri.

Cara membuat kalender 2015 Excel dan Photoshop

Bagi sobat yang mau ikutan membuat kalender sendiri, yuk kita membuat kelender bareng. Dengan tutorial sederhana ini, sobat pasti akan bisa membuat kalender sendiri. Gak percaya… coba aja buktikan, dan ikuti step by step yang ada di tutorial membuat kalender 2018 yang akan saya share ini. Langsung ke TKP…

Alat dan bahan untuk membuat kalender sendiri

1. Adobe Photoshop. Photoshop yang saya pake adalah Photoshop CS4, yang pake versi lain disesuaikan aja ya.
2. Microsoft office, tepatnya Microsoft excel. Pada tutorial membuat kalender ini saya menggunakan Microsoft office Excel 2013. Bagi sobat yang menggunakan versi yang berbeda caranya mirip kok.
3. List hari libur nasional. List hari libur nasionalnya bisa sobat lihat di bawah posting ini.

Jika sobat mau kalender hasil buatannya itu di printout siapkan juga kertasnya. Atau yang murah meriah sobat bisa mengeprintnya di tempat percetakan digital. Murah kok, Cuma Rp.5.000,- / lembar dengan ukuran A3+ dan kertas Art karton 260 gr.

Nah setelah peralatannya siap kita mulai membuat tanggalan kalender dengan mengguanakan Microsoft excel.

Cara membuat kelender dengan Microsoft Excel

Pastikan computer sobat tersambung dengan jaringan internet. Karena kita akan mengunduh langsung template kalender dari situs resmi Microsoft office nya. Atau bagi sobat yang komputernya tidak terkoneksi dengan internet, bisa membuat tanggalan kalender ini dengan menggunakan Microsoft publisher. Caranya bisa sobat lihat di : cara mudah membuat kalender dengan publisher

1. Buka Microsoft excel sobat, kemudian pilih Calenders. *pilihan ini hanya tampil ketika computer sobat terkoneksi dengan internet.
Cara membuat kalender Excel dan Photoshop

2. Pilih template kalender yang sobat sukai. Bila sobat menemukan kalender dengan tahun 2014 atau tahun 2013, itu tidak apa-apa, karena setelah di download sobat bisa merubahnya menjadi tahun 2018 atau tahun berapa saja, sesuka sobat. Ada 108 template kalender menarik yang sudah siap sobat download, dengan berbagai model dan desain yang keren-keren tentunya.
Cara membuat kalender Excel dan Photoshop

3. Setelah menemukan template yang cocok, klik template kalender pilihan sobat kemudain klik create untuk memulai mendownload. Setelah terdownload maka tanggalan kalender yang sudah tersusun rapih sudah siap pakai. Tinggal mengatur tahunnya. Disesuaikan dengan tahun kalender yang akan sobat bikin. Pastinya sekarang sobat akan membuat kalender tahun 2018 kan…
Cara membuat kalender Excel dan Photoshop

4. Sekarang silahkan sobat atur tanggal merah dan hari liburnya. Tambahkan juga hari istimewa sobat ke dalam kalender buatan sobat. Untuk melihat hari libur nasional bisa sobat lihat listnya di bawah yah…

Daftar hari libur nasional tahun 2018

Daftar hari libur dan cuti bersama tahun 2018 ini saya dapatkan dari situs resminya Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, yang bisa sobat kunjungi situsnya di http://setkab.go.id. jadi daftar hari libur nasional 2018 ini resmi yang diumumkan pemerintah. Dan inilah daftar hari libur tahun 2018 yang telah di sahkan.

HARI LIBUR NASIONAL TAHUN 2018

No
Tanggal
Hari
Keterangan
1.
1 Januari
Senin
Tahun Baru Masehi 2018
2.
20 November
Selasa
Maulid Nabi Muhammad SAW
3.
16 Februari
Jum;at
Tahun Baru Imlek 2569 Kongzili
4.
17 Maret
Sabtu
Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940
5.
30 Maret
Jum'at
Wafat Isa Almasih
6.
1 Mei
Selasa
Hari Buruh Internasional
7.
10 Mei
Kamis
Kenaikan Yesus Kristus
8.
14 April
Sabtu
Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 
9.
29 Mei
Selasa
Hari Raya Waisak 2562
9.
1 Juni
Jum'at
Hari Lahir Pancasila
10.
15-16 Juni
Jum'at - Sabtu
Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah
11.
17 Agustus
jum'at
Hari Kemerdekaan RI
12.
22 agustus
Rabu
Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah
13.
11 September
Selasa
Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah
14.
25 Desember
Selasa
Hari Raya Natal




CUTI BERSAMA TAHUN 2015

NO.
TANGGAL
HARI
KETERANGAN
1.
13, 14,18,19 Juni
Rabu, Kamis, Senin dan Selasa
Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah
2.
24 Desember
Senin
Hari Raya Natal

Setelah sobat selesai memberikan warna merah pada setiap hari libur pada tanggalan kalender sobat sekarang saatnya mendesainnya dengan Photoshop. Sebenarnya tanpa bantuan photoshop pun. Tujuan inti kita membuat kalender sudah terselesaikan. Hanya saja untuk lebih leluasa mendesain kalender kita gunakan photoshop. Di bawah ini adalah tanggalan kalender yang sudah di beri warna merah untuk setiap hari liburnya dan siap untuk di desain di photoshop.
Cara membuat kalender Excel dan Photoshop

Pastikan kalender yang sudah sobat buat di Microsoft excel tadi sudah benar dan penanggalan hari libur dan cuti bersamanya sidah di tempat yang semestinya. Jangan lupa untuk menambahkan hari ulang tahun sobat dan orang terkasih sobat pada kalender buatan sobat ini. Supaya lebih terlihat exclusive.

Setelah yakin betul, sekarang saatnya sobat menyimpan kalender buatan sobat dengan format PDF supaya bisa dibuka di Photoshop. Bagi sobat yang belum tahu cara merubah file excel ke Pdf bisa membaca tutorialnya di sini : Cara merubah file excel ke Pdf. Untuk selanjutnya, sekarang kita akan mendesain kalender 2018 dengan photoshop

Cara mendesain kalender dengan photoshop

Pada tutorial cara membuat kalender 2018 ini saya akan membuat kalender dengan ukuran A3 dan perlembarnya memuat empat bulan. Dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Buka Photoshop sobat dan buatlah document baru (CTRL+N) dengan ukuran seperti gambar di bawah ini
Cara membuat kalender Excel dan Photoshop

2. Sekarang buatlah guide line, caranya sudah pernah saya bahas pada waktu membuat cover buku dengan photoshop, sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
Cara membuat kalender Excel dan Photoshop

3. Kemudain sekarang buka kalender 2018 yang tadi sudah sobat buat dengan menggunakan Microsoft excel. Tetapi sekarang bukanya dengan photoshop. Caranya, klik kanan > open with > Photoshop, atau bisa juga dengan cara drag and drop ke halaman kerja photoshop. Kemudain atur seperti gambar berikut ini
Cara membuat kalender Excel dan Photoshop

4. Copykan empat bulan pertama (bulan januari-April) ke dalam document baru yang tadi sudah sobat buat. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
Cara membuat kalender  Excel dan Photoshop

5. Untuk selanjutnya silahkan sobat tambahkan logo, gambar atau photo sobat ke dalam kalender 2018 ini. Saya tidak akan menuntun sobat , jadi lakukan sendiri yah. Untuk trik-trik membuat tulisan di photoshop, tutorialnya bisa sobat lihat di :trik-trik membuat tulisan di photoshop, dan gambar di bawah ini adalah hasil akhir kalender buatan saya. Oya lakukan pula pada delapan bulang sisanya yah. J
Cara membuat kalender  Excel dan Photoshop

Sekian tutorial yang bisa saya share kali ini. Dengan trik dasar membuat kalender ini, sobat bisa mengembangkannya sendiri menjadi bentuk kalender yang lainnya, seperti kalender di kartu nama, kalender meja, kalender temple dan kalender-kalender lainnya. Mohon maaf bila tutorial membuat kalender ini terlalu panjang. Semoga bermanfaat.

kalender tahun 2015 beserta hari libur & cuti bersama

Cara membuat kalender 2015 Excel dan Photoshop kalender 2015 beserta hari libur nasuonal Cara membuat kalender 2015 Excel dan Photoshop