Cara cepat merubah file excel ke PDF

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara cepat merubah file excel ke PDF". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial microsoft office | Salah satu manfaat dari format PDF ini adalah bisa di buka dengan menggunakan software photoshop sehingga memudahkan kita jika kita ingin mengeditnya menjadi sebuah gambar yang bisa di printout. Contohnya ketika kita ingin membuat kalender. Kita bisa membuat format tanggalannya dengan secara otomatis di Microsoft excel ini. tetapi untuk melakukan pendesainannya dilakukan dengan photoshop.  Selain itu format PDF ini juga tidak bisa di edit edit lagi, dan lebih pleksibel.

 Terlepas dari alasan sobat untuk tujuan apa ingin merubah format excel menjadi PDF. Saya akan memberikan tips cepat untuk melakukan itu. Kalau menurut saya ini adalah trik merubah file excel ke PDF tercepat. Karena pengerjaannya seperti melakukan save document excel biasa.

Cara cepat merubah file excel ke PDF

Perlu diketahui, pada tutorial Microsoft excel kali ini, saya menggunakan Microsoft office 2013. Bagi sobat yang masih menggunakan Microsoft office 2007 silahkan gunakan cara yang ini. converter format excel ke pdf.

Cara merubah file excel menjadi PDF

1. Silahkan buka file excel yang akan sobat rubah menjadi format PDF. Sebagai contoh saya akan merubah sebuah file kalender. Ingin tahu cara membuat kalender otomatis di excel baca tutorialnya di cara membuat kalender otomatis di excel
Cara cepat merubah file excel ke PDF

2.  Kemudian klik F12 pada keyboard untuk melakukan save as kemudian ganti format menjadi PDF. Sedangkan pengaturan lainnya sama seperti sobat menyimpan file excel seperti biasa.
Cara cepat merubah file excel ke PDF

Nah secepat itulah kita merubah file excel menjadi PDF. Tanpa software tambahan dan tanpa harus onlen pula. Tapi ingat, ketika sobat sudah merubah file excel menjadi pdf, file tidak bisa diedit lagi jadi jangan hapus file aslinya. Selain itu file PDF itu lebih besar dari pada file excel. Dalam contoh tutorial ini file excel berukuran 24.7 KB menjadi 366 KB setelah berubah menjadi PDF. Sungguh perubahan yang cukup fantastis. Semoga bermanfaat.