Minggu, Juni 29, 2014

Cara membuat presentasi di Microsoft PowerPoint + Video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat presentasi di Microsoft PowerPoint + Video".

Tutorial microsoft office – Membuat presentasi dengan menggunakan PowerPoint sangatlah mudah, karena memang PowerPoint dicipta untuk keperluan ini. Akan tetapi semudah apapun sebuah pekerjaan jika tidak mengetahui rumusnya akan terasa sulit.

Hal itulah yang saya rasakan waktu pertama kali ingin membuat presentasi menggunakan powerPoint. Dengan seringnya berlatih dan coba sana coba sini akhirnya ketemu juga rumus-rumusnya. Nah dari hasil pengalaman itulah di kesempatan kali ini saya akan sedikit share cara membuat presentasi dengan mengunakan powerPoint.

Presentasi PowerPoint berfungsi mirip tampilan slide. Untuk menyampaikan pesan atau cerita, sobat bisa membaginya kedalam beberapa slide. Menyampaikan pesan atau cerita dengan presentasi powerpoint lebih menarik dan tidak membosankan, karena bisa disertai animasi-animasi, audio bahkan video.

Presentasi ini sering digunakan dalam acara workshop atau seminar bahkan juga dalam dunia pendidikan. Bagi sobat yang ingin membuat presentasi dengan menggunakan powerPoint yuk kita belajar bersama, tutorial ini dikhususkan bagi pemula, bagi yang sudah mahir ditunggu kritik dan sarannya ya.

Cara mudah membuat presentasi di Microsoft PowerPoint

Saya anggap sobat sudah memiliki software Microsoft powerPoint. Di sini saya menggunakan Microsoft PowerPoint 2007. Jika sobat belum punya silahkan diinstal dulu ya Microsoft officenya.

1. Buka Microsoft PowerPoint sobat, kemudian pilih menu design , lalu pilih theme yang sobat sukai, di sini saya memilih theme Apex. Sobat bisa merubah colors, Fonts dan effectsnya sesuai kesukaan sobat. baca juga: Cara mendapatkan 200+ theme presentasi powerPoint gratis
Cara membuat presentasi di Microsoft PowerPoint

2. Setelah sobat memilih theme, silahkan ganti tulisan click to add title dengan judul presentasi sobat dan click to add subtitle dengan deskripsinya. Sobat juga bisa menggantinya dengan tulisan yang sobat sukai, karena tidak ada yang mengharuskan sobat harus menulis judul dan subjudulnya.
3. Untuk menambah slide  sobat bisa melakukannya di menu home kemudian klik new slide lalu pilih layout yang sobat butuhkan.
Cara membuat presentasi di Microsoft PowerPoint

4. Jika sobat ingin menhapus salah satu slide sobat tinggal klik slide yang akan di hapus kemudian klik Del pada keyboard. Sobat juga bisa mengatur slide 1 menjadi slide 2 dengan cara drag and drop.
5. Untuk menambahkan animasi pada pergantian slide sobat bisa melakukannya di menu animation
Cara membuat presentasi di Microsoft PowerPoint
Klik slide yang akan diberi animasi, kemudian pilih model animasi yang sobat sukai. Jika sobat ingin seluruh slide menggunakan animasi yang sama, silahkan klik apply to All. Sobat juga bisa menambahkan suara dikolom no sound dan mengatur kecepatan animasi di kolom fast. Klik automatically after jika sobat menginginkan perubahan slid tanpa di klik mouse. Untuk melihat hasilnya, silahkan sobat klik preview yang berada di pojok kiri atas.

6. Untuk menambahkan efek animasi pada teks atau gambar dalam presentasi, silahkan klik costume animation kemudian klik teks yang akan di kasih animasi, lalu pilih add effect. Silahkan dicoba-coba sendiri ya.
Cara membuat presentasi di Microsoft PowerPoint

7. Klik Slide Show untuk melihat hasil keseluruhan (full screen)
8. Jika presentasi sudah di buat silahkan disimpan. Jika sobat ingin mengeditnya di kemudian hari silahkan klik ctrl+S, tetapi jika sobat ingin menyimpan hanya dalam slidshow, klik logo Microsoft office/shave as/PowerPoint show. Jika sobat memilih ini, hasilnya tidak akan bisa di edit lagi.
Cara membuat presentasi di Microsoft PowerPoint

Contoh presentasi powerPoint

Di bawah ini adalah beberapa presentasi yang pernah saya buat, sobat bisa mendownload contoh presentasi power point di bawah ini untuk dijadikan pelajaran atau inspirasi.


Nah, segitu dulu tutorial Microsoft office kali ini, walaupun singkat semoga bisa bermanfaat. Nantikan tutorial Microsoft office di pertemuan yang akan datang.

Video cara membuat presentasi powerPoint

Jika kurang jelas silahkan dilihat videonya. di dalam video ini ditambah beberapa trik dasar membuat presentasi di powerPoint

Tutorial PowerPoint lainnya