Kamis, Juni 26, 2014

Cara membuat logo dengan photoshop + video

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di TUTORIAL89, tempatnya berbagi tutorial-tutorial menarik. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Cara membuat logo dengan photoshop + video".

Tutorial photoshop | Sebuah logo sangat penting dalam memperkenalkan sebuah brand kepada khalayak ramai. dengan logo itulah orang akan lebih mudah mengenali brand kita. Logo tidak hanya terbatas pada sebuah perusahaan-perusahaan terkenal, tetapi logo juga sangat penting bagi sebuah komunitas, sekolah bahkan web dan blog. Maka dari itu, mari kita membuat logo yang unik untuk brand kita. sehingga brang kita memiliki nilai lebih di mata publik. dan sekarang saya akan share cara membuat logo dengan menggunakan photoshop.

Pengertian logo.

Sebelum saya membahas tutorial membuat logo dengan photoshop, terlebih dahulu saya akan sedikit menerangkan pengertian dari logo itu. Karena dari pengertian inilah pembuatan logo itu dimulai

Menurut Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) logo adalah “huruf atau lambang yang mengandung makna. Terdiri dari satu kata atau lebih sebagai lambing atau nama perusahaan”.

Sedangkan menurut Wikipedia.org Logo adalah merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut."
cara membuat logo dengan photoshop
Dengan sedikit memahami pengertian logo di atas, kita dapat di ambil kesimpulan bahwa logo itu bukan hanya sekedar gambar belaka , melainkan harus bisa menggambarkan dari  si empunya logo itu.

Nah di sini kita tahu membuat logo itu tidak hanya bermain di photoshop atau coreldraw saja, tapi jauh-jauh sebelum itu kita hurus reset terlebih dahulu “sesuatu” yang akan dibuatkan logonya itu.

Bagi sobat yang ingin membuat logo blog, saya sarankan untuk membaca tutorial Cara membuat logo blog dengan photoshop, karena di tutorial tersebut akan dijelaskan cara membuat logo favicon blog dan logo header blog

Cara membuat logo padi dan kapas dengan photoshop

Pada tutorial cara membuat logo kali ini saya akan coba membuat logo padi dan kapas dengan menggunakan photoshop. Padi dan kapas adalah salah satu gambar yang sering digunakan untuk membuat sebuah logo. Mungkin karena pilsafat yang terkandung di dalamnya yang begitu dalam dan bermakna kali. Bahkan lambang Negara Indonesia kita juga burung garuda yang di dadanya terdapat padi dan kapas. Bagi sobat yang ingin membuat logo yang ada padi dan kapasnya, tutorial ini mungkin bisa berguna.

1.  Buka photoshop sobat, dan buatlah lembar kerja baru dengan cara klik Ctrl+N kemudian aturlah seperti gambar berikut ini.
cara membuat logo dengan photoshop
Perhatikan pada kolom resolution, isi dengan angka yang besar supaya hasilnya tidak buram atau pecah. Perhatikan juga kolom background contents, isi dengan transparent jika sobat menginginkan logo yang dibuat berbentuk lingkaran (tidak segi empat), supaya hasilnya tidak terdapat background yang menggangu ssetelah logo itu jadi. Sedangkan pada kolom yang lainnya silahkan sobat sesuaikan sendiri. Setelah pengaturan selesai klik Ok.

2. Buatlah gambar biji padi dengan menggunakan costume shape tool, kemudian atur warnanya menjadi kuning dan pinggirnya warna hitam. (untuk memberi warna pinggiran sudah di bawah di cara mewarnai garis pinggri tulisan di photoshop
cara membuat logo dengan photoshop

3.  Kemudian klik huruf V pada keyboard untuk mengaktifkan move tool, lalu klik kotak kecil yang ada di pojok-pojoknya sehingga options bar berubah seperti gambar di bawah ini, kemudian ganti angka pada set rotation menjadi 45
cara membuat logo dengan photoshop

4.  Klik layer shape 1 (biji padi), kemudian klik Ctrl+J untuk menduplikatnya.
5.  Lakukan kembali langkah nomor 3, tapi sekarang ganti set rotation menjadi -90 dan geser kesebelah kanan, sehingga hasilnya menjadi seperti gambar di bawah ini;
cara membuat logo dengan photoshop

6.  Blok layer shape 1 dan layer shape 1 copy, kemudian klik Ctrl+E untuk menggabungkan kedua layer tersebut.
7.  Buatlah garis panjang dengan menggunakan line tool. Garis ini akan kita jadikan untuk tangkai padi
8.  Klik move tool (V) kemudian klik kotak kecil yang ada di pojok-pojok garis yang di buat. Lalu ikuti langkah-langkah seperti gambar berikut ini;
cara membuat logo dengan photoshop
 Sampai di sini kita sudah mempunyai tangkai padi dan dua buah biji padi, sekarang kita akan menusun padi-padi itu sehingga memenuhi tangkai yang sudah di buat.

9.  Silahkan atur padi dan tangkainya menjadi seperti gambar di bawah ini. Cara memutarnya sama seperti nomor 3 di atas tadi. Pastikan layer biji padi berada di atas layer tangkai padi
cara membuat logo dengan photoshop
10. Klik layer shape 1 copy (biji padi) lalu klik Ctrl+J mentuk menduplikat biji padi tersebut.
11. Klik kotak kecil yang ada di pojok gambar biji padi yang di copy tadi. Kemudian rubah H dan W menjadi 90%. Atur biji padi supaya menyusun. *angka 90% berfungsi untuk memperkecil padi yang ada di atasnya, silahkan angka ini desesuaikan saja.
cara membuat logo dengan photoshop
12. Lakukan kembali langkah nomor 10-11sampai seluruh tangkai padi terpenuhi biji padi, sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
cara membuat logo dengan photoshop
13. Logo padi sudah jadi, sekarang tinggal membuat logo kapas. Cara membuat logo kapas sama seperti membuat logo padi cuma yang beda adalah bikin padi di ganti dengan bikin kapas. Silahkan di coba sendiri yah, kan rumusnya udah tahu. Sehingga hasil akhirnya menjadi seperti ini.
cara membuat logo dengan photoshop

Contoh-contoh logo yang dibuat dengan Photoshop

Di bawah ini adalah beberapa contoh logo yang pernah saya buat dengan menggunakan software adobe photoshop cs4, walaupun hasilnya tak sebagus para desainer logo profesional, tapi lumayan lah buat seorang pemula seperti saya mah.
cara membuat logo dengan photoshop

Silahkan di kespresikan gayamu hehhee….. logo yang sudah sobat buat tadi, bisa di jadikan sebagai watermark pada foto-foto atau video sobat, sehingga foto dan video sobat sedikit terlindungi oleh plagiat. Untuk lebih jelas lagi apa itu watermark dan cara membuatnya sobat bisa baca tutorial cara membuat watermark dengan photoshop. Bagi sobat yang mau membuat logo untuk favicon blog dan logo untuk headerblog silahkan mampir ke cara membuat logo blog dengan photoshopSemoga bermanfaat. Bagi yang mau lihat tutorial photoshop dalam bentuk video, silahkan dilihat video dibawah ini. o ya. bagi sobat yang logonya ada tulisan melingkarnya, seperti logo kunci cahayab diatas. cara membuatnya bisa dilihat di tutorial : cara membuat tulisan melingkar di photoshop


BONUS Cara praktis membuat logo keren tanpa mahir photoshop

Kabar gembira bagi sobat yang belum mahir menggunakan photoshop, sobat bisa membuat logo untuk brand sobat di situs LOGASTER, di sana sobat bisa membuat logo hanya dengan beberapa langkah, ratusan model logo yang keren dan unik bisa sobat dapatkan untuk brand sobat. Dan di bonus tutorial cara membuat logo dengan photoshop ini, akan saya sertakan cara membuat logo online di logaster.

Tutorial ini saya persembahkan kepada para pengunjung blog tutorial89 yang ingin membuat logo, tetapi belum mahir menggunakan software photoshop ada corel draw. Atau yang mau menambah inspirasi model-model logo yang keren dan unik. Berikut ini adalah tutorialnya.

1.  Silahkan sobat langsung menuju ke https://www.logaster.com/id/ klik sign in, ini di perlukan supaya logo yang sobat buat bisa diedit kembali dikemudian hari.
cara membuat logo dengan photoshop + video

2. Setelah di klik sign in, silahkan masuk dengan menggunakan gmail, facebook, atau yahoo sobat.
3. setelah masuk, klik gambar new create logo seperti gambar berikut ini.
cara membuat logo dengan photoshop + video

4. Kemudian isi nama brand sobat, slogan dan type bisnis sobat, contoh seperti gambar di bawah ini
cara membuat logo dengan photoshop + video

5. Pilih model logo yang sobat sukai, jika di halaman pertama ini tidak ada yang cocok, sobat bisa melihat ke halaman berikutnya, di sini tersedia ratusan model logo yang siap sobat pilih
cara membuat logo dengan photoshop + video

6. Setelah sobat memilih model logo yang sobat sukai, tinggal save dan download, maka logo brand sobatpun sudah jadi.
cara membuat logo dengan photoshop + video

Contoh Logo yang dihasilkan di logaster

koleksi logo keren