Pembentukan Verb +Ing Secara Tepat

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan kami masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial-tutorial kehidupan sehari-hari. Dikesempatan kali ini kami akan membahas "Pembentukan Verb +Ing Secara Tepat".

Belajar bahasa inggris | Belajar auxiliary verb memang sangat menyenangkan bukan? Dengan mempelajari auxiliary verb, berarti Anda sudah belajar sedikit mengenai pembentukan tenses. Auxiliary verb bisa digunakan untuk pembentukan present continuous tense yang menggunakan verb +ing. Oleh karena itu, mari lanjutkan materi selanjutnya mengenai pembentukan verb +ing.

Pembentukan Verb +Ing Secara Tepat

Pembentukan Verb +ing Atau Verb Participle

Verb +ing bisa disebut juga dengan verb participle. Cara pembentukan verb +ing cukup membingungkan bagi mereka yang memang belum terbiasa. Ada verb +ing bisa langsung ditambahkan sebagai akhiran dari suatu kata kerja. Contohnya saja kata “start” bisa langsung ditambahkan dengan +ing menjadi starting.

Namun demikian, tidak semua kata kerja langsung bisa ditambahkan dengan verb  +ing. Mengapa demikian? Berikut contoh dan penjelasannya untuk Anda.

1. Kata kerja berakhiran huruf vokal bisa langsung ditambahkan dengan verb +ing. Anda tidak perlu mengubah kata kerja dan langsung bisa menambahkan +ing di belakangnya. Perhatikan contoh berikut:
Go menjadi going - pergi
Do menjadi doing - melakukan
Be menjadi being - menjadi
Muhammad has been going for an hour – Muhammad telah (sedang) pergi selama sejam

2. Ada beberapa kata kerja yang berakhiran huruf vokal yang berubah jika ditambahkan dengan verb ing. Perhatikan contoh berikut
Hope menjadi hoping - berharap
Date menjadi dating - kencan
Injure menjadi injuring – melukai
Fatimah is hoping, Ali is coming today – Fatimah sedang berharap Ali datang hari ini

3. Untuk kata kerja yang berakhiran huruf konsonan dimana kata tersebut hanya terdiri dari satu suku kata, maka Anda bisa menambahkan huruf yang sama seperti huruf terakhir pada kata tersebut. Perhatikan contohnya
Stop menjadi stopping - berhenti
Beg menjadi begging – memohon
Run menjadi running – berlari
Hasan is running towards the lake – Hasan sedang berlari menuju telaga

4. Untuk kata kerja yang berakhiran konsonan di mana kata kerja tersebut memiliki dua suku kata, maka tidak ada perubahan dalam kata tersebut setelah ditambahkan dengan verb+ing. Inilah contohnya.
Listen menjadi listening - mendengarkan
Open menjadi opening - membuka
Offer menjadi offering – menawarkan
Interest menjadi interesting – menarik
“Membedah shirathal mustaqim” an interesting bookmembedah shirathal mustaqim sebuah buku yang menarik

5.  Namun, jika huruf terakhir memiliki penekanan ketika dibaca, Anda harus menambahkan huruf konsonan yang paling akhir sebelum ditambahkan dengan verb +ing. Contoh sebagai berikut.
Begin menjadi beginning - memulai
Control menjadi controlling – mengontrol
Please beginning now – Tolong mulai sekarang       

Itulah beberapa cara yang tepat dan mudah dalam pembentukan verb +ing dalam sebuah kata kerja. Mudah bukan? Tunggu materi selanjutnya!

INFO PENULIS
Penulis
Ika Pratiwi
Facebook
https://fb.com/ikapra31
Publised at
Sponsor

Artikel Terkait