Belajar bahasa inggris online via WhatsApp/BBM

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Belajar bahasa inggris online via WhatsApp/BBM". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



www.tutorial89.com | Bahasa inggris adalah salah satu bahasa yang dipakai oleh jutaan atau bahkan ratusan juta umat manusia di dunia ini. Dengan bahasa inggris inilah kita berkomunikasi dengan dunia luar sana. Bahkan para alien pun menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi dengan makhluk bumi, paling tidak itulah yang saya lihat di film-film Hollywood.

Dengan berbagai manfaat dari menguasai bahasa inggris inilah, beberapa minggu ini saya juga mulai belajar bahasa inggris dari berbagai sumber, salah satunya adalah dari tempat kursus bahasa inggris BritishEnglishClass. Dan karena itu pula lah, pada minggu lalu saya share bagai mana cara menggunakan WhatsApp dengan komputer supaya mempermudah chatting ketika belajar.

Belajar bahasa inggris online via chatting

Mungkin sobat masih belum familiar dengan tempat kursus bahasa inggris BritishEnglishClass ini. Untuk itu saya akan sedikit berbagi pengalaman bagaimana dan seperti apa kursus bahasa inggris di sana. Termasuk kekurangan dan kelebihan yang ada pada kursus ini.

Apa itu kursus bahasa inggirs BritishEnglishClass ?

Britishenglishclass.com adalah perusahaan Startup yang bergerak dibidang kursus bahasa inggris secara online. Proses belajar dilakukan secara personal dengan melakukan percakapan dalam bahasa inggris melalui WA/LINE/BBM.

Guru BritishEnglishClass sendiri dari orang-orang muda yang tinggal diberbagai negara. Mereka merupakan lulusan S1 atau S2 dari dalam dan luar negeri. Selain mengajar di sana, mereka merupakan profesional dibidangnya.

Setiap segala sesuatu pasti tidak terlepas dari yang namanya kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan BritishEnglishClass. Nah utuk itu saya akan sedikit share bagaimana sih kelebihan dan kekurangan belajar bahasa inggirs di BritisEnglishClass.

Kelabihan belajar bahasa inggris di BritishEnglishClass

1. Waktu belajar yang fleksibel | waktu belajar bahasa inggirs kita yang menentukan atau sesuai kesepakatan antara teacher dan kita. Bahkan, jika kita berhalangan untuk mengikuti class bahasa inggris, kita bias merubah jadwal belajar kita.

Akan tetapi perlu diperhatikan, supaya kita tetap disiplin, jangan merubah jadwal belajar yang sudah disepakati jika tidak ada urusan yang urgent

Belajar bahasa inggris online via chatting

2. One student one teacher | Kita memiliki satu guru yang focus hanya untuk mengajar kita belajar bahasa inggris. Kita juga tidak boleh sungkan-sungkan untuk bertanya sesuatu hal yang kita tidak tahu. Walaupun kita sedang melakukan proses belajar mengajar, tetapi mereka menganggap kita ini sebagai Partner, sehingga proses pebalajr mengajar semakin akrab. Ditambah lagi guru yang menangani saya ini sangat ramah dan asyik untuk diajak belajar.

Belajar bahasa inggris online via chatting

3. Mengoreksi kesalahan | Sebagaimana yang saya jelaskan diatas, kursus bahasa inggris di BritishEnglishCllas ini, menggunkan aplikasi chating di smartphone. Disitu kita akan chating dengan menggunakan bahasa inggris. Jika ada kesalahan, baik dalam tulisan maupun penggunaan grammar, teacher akan langsung mengoreksi dan memberikan penjelasan. Termasuk rumus grammar yang digunakan

Belajar bahasa inggris online via chatting

4. Practice and practice | Dalam setiap pertemuan menggunakan bahasa inggris. Jadi secara tidak sadar kita langsung praktek membuat sebuah kalimat. Baik dalam bertanya maupun dalam menjawab pertanyaan. Jika tidak tahu bahasa inggrisnya, kita bisa menggunakan bahasa Indonesia yang nantinya akan di terjemahkan ke dalam bahasa inggris oleh teacher.

Belajar bahasa inggris online via chatting

Mungkin itulah beberapa kelebihan kursus bahasa inggris di BritishEnglishClass yang bisa saya paparkan pada kesempatan kalil ini. Sekarang saatnya kita membahas apa saja kekurangan kursus bahasa inggris di BritishEnglishClass.

Kekurangan kursus bahasa inggris di BritishEnglishClass

1. Tidak ada kelas trial | Tidak ada kelas trial atau kelas percobaan. Jadi kita harus masuk langsung untuk mengetahui bagaimana rasanya belajar di BritishEnglsiClass. Atau sobat bisa bertanya-tanya terlebih dahulu via contact admin (Line/WhatsApp : 082110009343, 081276633920. BBM: 7C02FA8B), supaya tidak terjadi beli kucing dalam karung.

Namun ada kabar baik, bagi sobat yang masih berstatus pelajar SMP/SMA bisa mengikuti belajar bahasa inggris ini dengan GRATIS. Tentu dengan syarat dan ketentuan berlaku.

2.Tidak ada kurikulum dasar | Ketika saya bergabung dengan BritishEnglishClass, tidak ada kurikulum atau materi pelajaran dasarnya. Jadi saya memulai chatting dengan bahasa inggris membahas kehidupan saya, seperti mengalir apa adanya tanpa persiapan terlebih dahulu. Tanpa ada panduan materi seperti kursus bahasa inggris pada umumnya. Saya tidak tahu ini termasuk kekurangan atau kelebihan. Bagaimana menurut sobat?

Walau begitu, menurut admin BritishEnglishClass, kita bias membuat kesepakatan “goal” antara kita dengan teacher ketika class baru dimulai. Dengan demikian materi pelajaran bahasa inggris akan di giring pada “goal” yang telah ditentukan diawal main.

3. Tidak ada speaking and listening | Karena kursus bahasa inggris yang saya ikuti dengan cara chatting, jadi saya hanya belajar writing and reading tanpa belajar speaking and listening. Tapi saya beruntung, di akhir kursus Mrs Bharbara memberikan challenge untuk mendengarkan suaranya dan diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri saya secara speaking.

Dan kabar baiknya lagi, sekarang di BritishEnglishClass ada kelas khusus speaking. Mereka menyebutnya dengan oral class. Selain itu untuk kelas premium dan kelas bisnis juga disisipin oral class. Dengan begitu  kebutuhan 4 dasar berbahasa (reading, writing, listening and speaking) bisa terpenuhi. Mudah-mudahan di kesempatan yang akan datang ada video call nya. Supaya tambah akrab hubungannya.

Mungkin itulah beberapa pemaparan tentang BritishEnglishClas yang bias saya sampaikan. Review ini bersifat opini pribadi, mungkin bisa berbeda dengan pendapat murid lainnya yang pernah belajar di sana. Bagi sobat yang ingin tahu lebih jauh lagi tentang kursus bahasa inggris online di sana, sobat bisa langsung menuju situs resminya di www.BritishEnglishClas.com semoga review sederhana ini bisa bermanfaat.