Cara menghilangkan garis merah di word

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara menghilangkan garis merah di word". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial microsoft office | Bagi sobat yang sering mengetik di Microsoft word, entah itu mengetik untuk tugas makalah kuliah atau hanya sekedar iseng-iseng saja, pasti sering menjumpai garis merah di bawah tulisan. Memang hal itu tidak akan nampak ketika kita melakukan printout, tetapi terkadang kita merasa terganggu dengan “penampakan” seperti itu.

Sebenarnya apa maksud dari garis merah yang di sediakan pihak Microsoft dalam Microsoft word ketika kita mengetik sebuah kata atau kalimat? Adakah tujuan dari semua itu…?

Selidik punya selidik, ternyata garis merah yang berada di bawah kata atau kalimat di Microsoft word itu adalah berfungsi untuk mengingatkan kita, bahwa kata yang kita ketik itu bukan spelling (ejaan) yang benar, sehingga Microsoft memberikan tanda warning kepada kita untuk memperbaikinya.

Cara menghilangkan garis merah di word

Ada beberapa kata yang ketika kita salah dalam pengetikan, mesin secara otomatis akan merubahnya menjadi benar. Namun biasanya spilling bawaan Microsoft word itu adalah English spilling, sehingga kata bahasa Indonesia dipaksakan dirubah menjadi bahasa inggris yang artinya tentu akan meleset dari makna sesungguhnya.

So… bagaimana cara mengatasi semua itu? Silahkan ikuti tutorial Microsoft word berikut ini

Cara menghilangkan garis merah diword

1. Silahkan sobat buka file docx sobat dengan menggunakan Microsoft word. Atau kalau mau membuat document baru juga gak apa-apa sih. Ini hanya sekedar contoh. Pada tutorial microsoft word kali ini, saya menggunakan microsoft office 2013

2. Klik Ctrl+A untuk memblok seluruh document. Kemudian klik pilihan language disini saya menggunakan English (United States) yang berada di bawah document
Cara menghilangkan garis merah di word

3. Kemudian pilih Indonesia dan klik set as default jika sobat menginginkan bahasa Indonesia dijadikan pengaturan di otomatisnya. Jika pilihan Indonesia belum muncul, silahkan scroll kebawah. Atau sobat juga bisa menceklis do not check spilling or grammar jika sobat tidak mau lagi diingatkan oleh Microsoft word.
Cara menghilangkan garis merah di word

Setelah sobat melakukan pengaturan seperti di atas, maka secara otomatis garis merah atau biru akan hilang dengan sendirinya. Sebagai informasi tambahan, garis merah untuk mengingatkan adanya kesalahan dalam pengetikan ejaan (spilling), sedangkan garis biru adanya kesalahan dalam tata bahasa (grammar). Semoga bermanfaat.