Cara setting page layout di Microsoft excel

Asalamu'alaikum Wr. Wb. Bagaimana kabarnya sobat hari ini? Jumpa lagi dengan saya masih di blog www.tutorial89.com, blog yang membahas berbagai tutorial photoshop, tutorial microsoft office, tutorial internet dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Dikesempatan kali ini saya akan membahas "Cara setting page layout di Microsoft excel". Semoga artikel yang sederhana ini mudah di fahami dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien



Tutorial microsoft office | Ketika kita pertama kali membuka Microsoft excel, kita akan disuguhkan halaman penuh dengan kotak layaknya tabel-table. Jika kita men scroll ke kanan dank e bawah, seakan halaman itu tak bertepi. Hal ini dikarenakan kita belum melakukan setting page layout pada Microsoft excel dan secara default, tampilan yang kita gunakan adalah tampilan versi normal.

Sehingga hal ini sangat merepotkan kita karena kita tidak tahu batas akhir halaman satu dengan halaman berikutnya. Ini pernah saya alami sendiri. Dahulu ketika saya baru belajar Microsoft excel saya membuat sebuah table, karena saya tak menemukan ujung dari halaman pertama, saya membuat nomor table itu sampe berpuluh-puluh. Ketika di print eh… ternyata hasil kerja saya dicetak berhalaman-halaman.

Jadi dengan mengatur atau mensetting page layout itu sangat pengting sekali. Terutama bagi sobat yang mau melakukan printout document excel tersebut. Hal ini supaya kita tahu batas akhir halaman pertama ke halaman berikutnya. Perlu diingat Microsoft excel ini tidak seperti Microsoft word. Yang menambah halamannya hanya bisa kebawah. Di Microsoft excel kita bisa menambahnya ke kanan dan kebawah

Cara setting page layout di Microsoft excel

1. Silahkan sobat buka Microsoft excel sobat, kemudian buatlah document baru.
Cara setting page layout di Microsoft excel

2. Klik menu Page layout > Size kemudian pilih ukuran kertas yang sobat mau. Disini saya memilih ukuran A4. Karena saya menggunakan kertas A4.
Cara setting page layout di Microsoft excel

3. Setelah sobat memilih ukuran kertas yang sobat kehendaki, sekarang di tampilan Microsoft excel ada garis pembatas. Nah garis itulah yang membuat batas antara halaman satu dengan halaman berikutnya.
Cara setting page layout di Microsoft excel

Garis pembatas berada di antara huruf I dan J, silahkan sobat akurkan gambar pada nomor 1 dengan gambar pada nomor 3 ini.

4. Jika sobat menginginkan tampilah perhalaman lebih jelas, silahkan sobat klik menu view > Page layout. Dengan tampilan ini, sobat akan melihat batas margin, yang tak berkotak-kotak
Cara setting page layout di Microsoft excel

Sampai disini usai sudah tutorial Microsoft excel kali ini. setelah mengetahui trik ini, sobat tidak akan kebingungan lagi ketika hendak bekerja di excel. karena sudah tahu batas halaman satu dengan lainnya. hehhe.... Semoga bermanfaat.